F&B Business

Fungsi Aplikasi Kasir Cafe dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

October 5, 2023
3 mins read

Menjamurnya bisnis cafe membuat Anda harus memikirkan strategi terbaik agar bisa bersaing. Salah satunya dengan meningkatkan kepuasan pelanggan melalui aplikasi kasir cafe.

Mengapa aplikasi kasir cafe dapat membantu meningkatkan kepuasan pelanggan? Tentu saja, aplikasi kasir umumnya sudah dilengkapi dengan berbagai fitur mudah dan cepat.

Nah, semakin cepat pelayanan yang Anda berikan, maka kepuasan pelanggan akan lebih mudah dicapai.

So, untuk tahu lebih lanjut mengenai pentingnya penggunaan aplikasi kasir cafe, yuk simak ulasan selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Pentingnya Aplikasi Kasir Cafe dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Penggunaan aplikasi kasir merupakan salah satu hal yang tak boleh terlewatkan dalam manajemen cafe maupun restoran.

Pasalnya, ada banyak aspek yang perlu diperhatikan dalam memulai bisnis cafe, seperti manajemen persediaan, pesanan pelanggan, hingga laporan keuangan.

Nah, hadirnya aplikasi kasir cafe berbasis cloud atau disebut juga dengan point of sales dapat membantu Anda menjalankan proses-proses tersebut menjadi lebih praktis.

Lantas, benarkah aplikasi kasir juga menjadi salah satu faktor kepuasan pelanggan? Tentu saja, berikut penjelasan selengkapnya.

1. Mempercepat Proses Pemesanan

Melalui penggunaan aplikasi kasir cafe, Anda dapat mengelola pesanan pelanggan dengan lebih cepat dan mudah.

Hal ini memungkinkan pelanggan untuk mendapatkan makanan dan minumannya dengan segera. Alhasil, mereka akan puas saat berkunjung ke cafe Anda.

Manfaat aplikasi kasir yang satu ini juga berpengaruh terhadap efisiensi operasional. Semakin lancar proses pemesanan dan produksi dilakukan, maka operasional bisnis juga semakin baik.

Baca Juga: Arti Dine In dan Cara Memaksimalkannya di Restoran

2. Menawarkan Multipayment

Tidak hanya mempercepat proses pesanan saja, tetapi menggunakan aplikasi kasir cafe juga dapat memudahkan proses transaksi, lho.

Pertama, kasir tidak perlu menghitung total pembayaran secara manual atau menuliskan sendiri nota pembelian, sehingga dapat meningkatkan efisiensi.

Kemudian, aplikasi POS cafe biasanya juga sudah dilengkapi dengan fitur pembayaran dari berbagai sumber melalui QR payment.

Jadi, pelanggan tidak harus membayar dengan uang tunai saja, tetapi bisa melakukan pembayaran dari mana pun melalui QR.

3. Memudahkan Analisis Bisnis

Melalui aplikasi kasir cafe, Anda dapat memeriksa laporan pembelian dalam satu hari penuh atau dalam rentang periode tertentu.

Hal ini dapat membantu Anda untuk menganalisis jenis menu yang paling disukai atau paling banyak dibeli oleh para pelanggan.

Hasil analisis tersebut bisa menjadi bahan penyusunan strategi bisnis ke depannya untuk menarik lebih banyak pelanggan dan meningkatkan penjualan cafe.

Baca Juga: Pengertian dan Contoh Pembayaran Split Bill dalam Restoran

4. Menerima Pesanan Online Lebih Mudah

Apabila Anda menggunakan aplikasi kasir yang sudah terintegrasi dengan aplikasi pesan antar makanan online seperti Runchise, maka Anda akan lebih mudah menerima pesanan online.

Melalui fitur tersebut, Anda pun bisa mengelola harga, promo, dan ketersediaan menu dari GrabFood maupun GoFood hanya dengan satu aplikasi. Tentunya akan lebih mudah, bukan?

5. Memantau Perilaku Pelanggan

Manfaat terakhir ini dapat Anda maksimalkan dengan memanfaatkan rekomendasi aplikasi kasir yang telah memiliki fitur Branded Online Delivery seperti Runchise.

Branded Online Delivery adalah yang memungkinkan Anda mengembangkan brand dan membangun hubungan baik dengan pelanggan dalam jangka panjang.

Melalui aplikasi dan teknologi dari Runchise, Anda dapat menggunakan fitur tersebut untuk membuat aplikasi pemesanan online dengan domain brand restoran sendiri.

Dengan domain brand sendiri, Anda bisa mendapatkan data pelanggan dan menganalisa kebiasaan pembelian pelanggan.

Jadi, Anda bisa mengenali mereka lebih jauh untuk memberikan pelayanan terbaik.

Yuk, berikan pengalaman pemesanan online maupun offline bagi pelanggan Anda dengan sistem operasional dari Runchise!

Baca Juga: Pentingnya Aplikasi Kasir Restoran Terintegrasi pada Bisnis F&B

Artikel lainnya