Business Tips

Tips Memilih Aplikasi Kasir Toko untuk Penuhi Kebutuhan Bisnis

August 8, 2023
3 min read

Aplikasi kasir toko adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola transaksi dan keuangan dalam suatu bisnis.

Dengan adanya aplikasi kasir toko ini, proses penjualan, manajemen stok barang, hingga laporan keuangan menjadi lebih praktis.

Selain itu, penggunaan aplikasi ini juga bisa mengurangi risiko human error dengan fitur perhitungan otomatis dan meminimalkan waktu transaksi.

Mudahnya lagi, aplikasi POS kasir ini dapat digunakan dalam komputer, tablet, ataupun smartphone. Namun, pastikan Anda memilih aplikasi yang tepat sesuai kebutuhan, ya.

Agar tidak bingung, berikut adalah penjelasan mengenai tips memilih aplikasi kasir toko yang bisa menjadi pertimbangan Anda. Yuk, simak!

Cara Memilih Aplikasi kasir Toko

Beberapa tips yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih aplikasi kasir toko untuk bisnis adalah sebagai berikut:

1. Kemudahan Penggunaan

Pilihlah aplikasi yang mudah digunakan oleh setiap karyawan maupun pelanggan. Pasalnya, aplikasi yang rumit justru akan membuat proses transaksi menjadi lebih lama.

Selain itu, pastikan Anda memilih aplikasi yang responsif saat digunakan, karena aplikasi yang berjalan lambat dapat menghambat proses bisnis.

2. Keandalan Aplikasi

Tips penting dalam memilih aplikasi restoran adalah memastikan bahwa aplikasi tersebut dapat diandalkan dan tidak mudah eror.

Jika sering mengalami error, bisa jadi hasil laporan akhirnya tidak akurat. Akibatnya, proses analisis bisnis juga terganggu.

Terlebih lagi, dalam bisnis restoran banyak yang harus diurus, mulai dari pemesanan online dari berbagai platform, persediaan barang, manajemen meja, dan sebagainya.

Baca Juga: Mengenal Komponen dan Jenis-Jenis Sistem Pembayaran

3. Sesuaikan dengan Budget

Jika ingin mewujudkan proses bisnis yang praktis, bukan berarti Anda harus mengeluarkan semua dana modal, ya. Karena hal ini justru akan menyulitkan Anda di masa depan. Jadi, pilihlah aplikasi kasir toko yang sesuai dengan budget bisnis Anda.

4. Dukungan Pelanggan

Pastikan pula aplikasi kasir online tersebut sudah dilengkapi dengan dukungan pelanggan yang baik. Hal ini bertujuan agar Anda bisa mendapatkan bantuan secara langsung ketika mengalami masalah dalam pengoperasiannya.

5. Utamakan Keamanannya

Aplikasi kasir adalah software yang bisa menjadikan proses bisnis menjadi lebih praktis, namun keamanannya perlu diperhatikan dengan ekstra.

Mengingat bahwa akan ada banyak data yang masuk, mulai dari stok barang, data produk, hingga transaksi setiap harinya, maka pilihlah aplikasi yang terjamin keamanannya.

Baca Juga: Mengenal Manfaat Fitur Online Aggregator Untuk Bisnis F&B

6. Terintegrasi dengan Aplikasi Lain

Kemudian, pilihlah aplikasi yang telah terintegrasi dengan platform lainnya, sehingga pelayanan pelanggan pun menjadi lebih baik.

Contoh aplikasi kasir yangs udah terintegrasi dengan platform pemesanan makanan online adalah Runchise.

Runchise telah terintegrasi dengan GoFood dan GrabFood, sehingga Anda bisa menerima dan mengelola pesanan dalam satu aplikasi saja.

7. Perhatikan Fitur yang Tersedia

Terakhir, perhatikan juga setiap fitur yang disediakan oleh aplikasi kasir toko tersebut. Pilihlah aplikasi dengan fitur paling lengkap.

Runchise adalah aplikasi yang bisa menjadi solusi lengkap untuk manajemen franchise dan restoran yang telah dilengkapi dengan berbagai fitur menarik.

Runchise dapat membantu aktivitas operasional restoran untuk mengelola distribusi stok bahan baku di seluruh outlet (supply chain management).

Selain itu, Runchise juga membantu mengelola dan memonitor performa banyak outlet (multi-outlet management), hingga mengatur sistem franchise secara mudah dan transparan.

Dengan Runchise, Anda pun bisa membuat aplikasi online delivery dengan brand Anda, yang mana akan memudahkan pemesanan, pembayaran, dan pengiriman.

Melalui fitur branded online delivery, Anda juga bisa mengelola dan menganalisa data pelanggan untuk meningkatkan penjualan.

Yuk, jadwalkan demo gratis sekarang dan kelola bisnis restoran secara praktis menggunakan Runchise!

Baca Juga: 5 Tips Maksimalkan Keuntungan Bisnis F&B, Yuk Catat!

Artikel lainnya