Development

Mengenal Fitur dalam Aplikasi Penjualan yang Memudahkan Bisnis

August 8, 2023
3 min read

Dalam setiap bisnis, tak terkecuali bisnis restoran, penggunaan aplikasi penjualan tentu akan memudahkan operasional dan pengembangan bisnis.

Mengapa begitu? Hal ini dikarenakan aplikasi penjualan memudahkan pelaku bisnis memiliki catatan transaksi yang lengkap secara otomatis dan akurat.

Di samping itu, penggunaan aplikasi POS penjualan juga dapat menghemat tenaga, biaya, dan waktu. Bahkan, proses transaksi pelanggan pun menjadi lebih cepat.

Nah, jika Anda tertarik untuk menggunakan aplikasi penjualan, maka perhatikan pula fitur-fiturnya agar Anda bisa memaksimalkan manfaatnya.

Yuk, ketahui fitur apa saja yang perlu ada dalam aplikasi penjualan dalam ulasan berikut ini.

Fitur-Fitur Aplikasi Penjualan

Beberapa fitur yang perlu ada dalam aplikasi penjualan untuk memudahkan proses bisnis adalah sebagai berikut.

1. Kemudahan Proses Pembayaran

Melalui aplikasi POS penjualan, pelanggan restoran Anda tidak harus melakukan pembayaran tradisional dengan uang tunai.

Cara pembayaran dalam aplikasi POS penjualan harus lebih variatif dan cepat, seperti pembayaran melalui bank atau channel lain, serta fitur split bill (membagi pembayaran).

Fitur ini akan membuat konsumen lebih senang dan merasa fleksibel. Karena, kini tak sedikit orang yang lebih memilih menggunakan pembayaran cashless.

2. Otorisasi Aplikasi

Aplikasi POS penjualan biasanya tidak hanya diakses oleh satu orang saja, namun sering kali melibatkan beberapa karyawan yang terlibat dalam bisnis.

Melalui fitur otorisasi aplikasi, Anda bisa menetapkan tujuan utama dalam penjualan, misalnya angka keuntungan tertentu hingga memantau kinerja karyawan.

Baca juga: Pentingnya Software Akuntansi Terintegrasi Bagi Bisnis F&B

3. Varian Produk

Dalam bisnis kuliner, pasti akan ada berbagai macam menu yang dijual. Inilah sebabnya, Anda perlu memilih aplikasi POS penjualan yang dilengkapi dengan fitur kelola menu.

Melalui fitur tersebut, Anda akan lebih mudah dalam mengelompokkan menu sesuai dengan kategorinya. Sehingga, datanya pun tidak sulit untuk dicari nantinya.

Contoh aplikasi penjualan yang dilengkapi dengan fitur menu management adalah Runchise, terutama bagi Anda yang memiliki lebih dari satu outlet restoran.

Melalui Runchise, Anda bisa melakukan standarisasi operasional dan pengaturan menu serta harga di sebagian maupun seluruh outlet restoran secara mudah.

4. Detail Reporting

Aplikasi penjualan toko yang Anda pilih pun harus dilengkapi dengan fitur laporan yang komprehensif. Dengan begitu, Anda lebih mudah dalam membuat keputusan bisnis.

Sebagai solusi restoran dan franchise, Runchise pun telah dilengkapi dengan fitur laporan komprehensif untuk membantu mengembangkan restoran Anda.

5. Persediaan Barang

Fitur yang tak kalah penting dalam aplikasi POS penjualan adalah fitur persediaan barang untuk membantu mengelola stok bahan baku yang masih tersimpan.

Dalam hal ini, Runchise bisa berperan sebagai aplikasi POS penjualan dan stok barang karena telah dilengkapi dengan fitur Supply Chain Management yang memudahkan perhitungan stok barang secara otomatis.

6. Integrasi dengan Aplikasi Lain

Aplikasi penjualan yang Anda pilih sebaiknya juga terhubung dengan aplikasi pendukung lainnya, misalnya aplikasi pemesanan makanan seperti Gofood dan Grabfood.

Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan pelanggan sebanyak-banyaknya dan transaksi dengan pelanggan pun menjadi lebih praktis.

Nah, dalam hal ini, Runchise pun telah dilengkapi dengan fitur Food Delivery Integrations yang memungkinkan Anda mengelola semua layanan pesanan dalam satu aplikasi.

Runchise telah terhubung dengan GoFood dan GrabFood, sehingga semua pesanan dari aplikasi tersebut akan otomatis masuk ke dalam aplikasi tanpa input satu per satu.

Melalui integrasi ini, Anda pun dapat mengatur menu dan harga pesanan online dengan mudah, sehingga layanan ke pelanggan menjadi lebih cepat serta akurat.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai fitur Runchise? Yuk, jadwalkan demo gratis dengan tim kami sekarang juga!

Baca juga: Tips Memilih Aplikasi Kasir Toko untuk Penuhi Kebutuhan Bisnis

Artikel lainnya