F&B Business

Aplikasi POS Restoran, Mengapa Kegunaannya Cukup Penting?

October 3, 2023
3 mins read

Di era digital seperti sekarang, penggunaan aplikasi POS restoran perlu dipertimbangkan guna mendukung kemudahan proses bisnis Anda.

Aplikasi POS (Point of Sales) adalah sistem yang dapat menjalankan berbagai fungsi manajemen penjualan, serta banyak fungsi lanjutan dalam bisnis restoran.

POS umumnya sudah berbasis smart tablet dan dapat digunakan di Android maupun iOS. Fitur-fitur yang ditawarkan juga cukup canggih.

Meski bisa dibilang sebagai versi modern dari mesin kasir konvensional, aplikasi POS sebenarnya lebih dari itu.

Fitur-fitur di dalam aplikasi POS restoran umumnya sudah mendukung aktivitas back office, seperti supply chain management.

Selain itu, apa saja kegunaan aplikasi POS sehingga penting untuk dimiliki setiap restoran? Yuk,simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Apa itu Aplikasi POS (Point of Sales)?

Aplikasi POS kini bukan lagi menjadi sekadar keinginan semata, tetapi kebutuhan bagi para pegiat bisnis restoran, franchise, maupun cafe.

Hal ini dikarenakan aplikasi POS adalah software yang dapat membantu pengelolaan bisnis restoran melalui satu aplikasi saja.

Penggunaan aplikasi POS dapat membantu Anda dapat mempercepat transaksi, memantau kinerja karyawan, penjualan restoran, mengambil keputusan, serta meningkatkan efektivitas.

Baca Juga: 5 Panduan Manajemen Restoran agar Bisnis Berjalan Lancar

Pentingnya Kegunaan Aplikasi POS Restoran

Berikut adalah penjelasan mengenai pentingnya penggunaan aplikasi POS cafe maupun restoran sebagai dasar pertimbangan Anda.

1. Mempercepat Proses Transaksi

Melalui aplikasi POS restoran yang modern, Anda dapat mempercepat proses transaksi pelanggan.

Hal ini dikarenakan Anda tidak perlu melakukan perhitungan secara manual atau menulis nota. Sistem POS akan merangkum semua pesanan dan total yang perlu dibayarkan.

Dengan begitu, Anda dapat menghemat waktu dan meningkatkan efisiensi. Potensi antrean di kasir pun bisa diminimalkan. 

2. Meminimalisasi Pencurian dan Pemborosan

Kegunaan aplikasi POS berikutnya adalah meminimalkan potensi pencurian dan pemborosan uang kas restoran.

Melalui sistem point of sales, pemilik restoran dapat memantau inventaris dan laporan penjualan dari makanan dan minuman.

Pengawasan ini tentunya bisa menjadi cara mencegah kecurangan karyawan, misalnya pencurian, penyusutan, ataupun pemborosan oleh staf.

Beberapa contoh kecurangan karyawan antara lain mengambil bahan makanan untuk keperluan pribadi, memberikan diskon khusus bagi keluarga, dan lain-lain.

3. Memudahkan Komunikasi Karyawan Restoran

Memasukkan pesanan pelanggan dalam aplikasi POS restoran akan langsung diterima oleh bagian dapur, sehingga proses produksi bisa langsung dimulai.

Semakin cepat pesanan diterima oleh dapur, maka semakin cepat pula penyajian makanan dan minuman bagi pelanggan.

Hal ini tentu saja akan berpengaruh pada kepuasan pelanggan, bukan?

4. Meningkatkan Kontrol Keuangan

Yang tak kalah penting dari kegunaan aplikasi POS restoran adalah fiturnya yang memungkinkan Anda bisa melakukan kontrol keuangan lebih baik.

Pasalnya, sebagian besar aplikasi POS telah dilengkapi dengan fitur pencatatan laporan harian secara otomatis, sehingga Anda bisa melakukan kontrol keuangan secara real time.

Itulah penjelasan mengenai pentingnya penggunaan aplikasi POS restoran pada bisnis Anda. kini, apakah Anda sudah tertarik menggunakannya?

Jika iya, maka aplikasi POS Runchise bisa menjadi pilihan Anda. Runchise telah memiliki sistem operasional dan back office yang terintegrasi, mulai dari pengaturan meja, analisis performa restoran, hingga pengelolaan persediaan barang.

Tidak hanya itu, Runchise juga telah terintegrasi dengan aplikasi pesan antara online seperti GrabFood dan GoFood, serta aplikasi akuntansi seperti Jurnal dan Accurate.

Jadi, proses dapur, transaksi, pemesanan, hingga pencatatan keuangan bisa dilakukan secara praktis melalui satu aplikasi.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai fitur-fitur Runchise? Yuk, segera jadwalkan demo dengan tim kami!

Baca Juga: Pentingnya SOP (Standar Operasional Prosedur) Restoran & Contohnya

Artikel lainnya