F&B Business

Ini Dia 5 Cara Berjualan di GrabFood agar Omzet Naik Terus!

December 12, 2023
3 mins read

Perkembangan industri kuliner kini cukup pesat dengan adanya platform pesan antar makanan secara online, seperti GrabFood. Melihat fenomena ini, penting bagi setiap pemilik restoran memahami bagaimana cara berjualan di GrabFood agar penghasilannya optimal.

GrabFood menyediakan berbagai promo dan diskon menarik yang dapat membantu para pemilik restoran memanjakan pelanggannya.

Hal tersebut bisa Anda manfaatkan sebagai salah satu cara untuk menarik lebih banyak pelanggan dan meningkatkan penjualan restoran.

Nah, jika sebelumnya sudah dibahas tentang syarat dan cara daftar GrabFood, kini saatnya Anda memahami bagaimana cara jualan di GrabFood agar cuan makin maksimal.

Yuk, simak penjelasan tentang cara meningkatkan penjualan GrabFood dalam artikel berikut ini.

Cara Berjualan di GrabFood agar Omzet Meningkat

GrabFood memang dapat memudahkan Anda dalam menjual produk makanan. Namun, Anda pun perlu strategi yang baik agar penjualan di GrabFood bisa maksimal.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk mengoptimalkan cara berjualan di GrabFood.

1. Mainkan Kata Kunci pada Nama Restoran

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memasukkan kata kunci dalam nama restoran. Meski terkesan sederhana, namun hal ini sering kali luput dari perhatian penjual.

Misalnya, Anda memiliki restoran es coklat dengan nama Es Tuan Muda. Nah, dalam mencantumkan nama di GrabFood jangan hanya sekadar “Es Tuan Muda” saja tapi lengkapi dengan “Es Coklat Tuan Muda.”

Dengan memasukkan kata kunci “es coklat” dalam nama restoran, maka restoran Anda akan muncul pada pencarian GrabFood saat user mengetik kata “es coklat.”

2. Pastikan Nama Produk dan Deskripsinya Jelas

Setelah menentukan nama restoran dengan memasukkan kata kunci, Anda pun harus memastikan bahwa nama produk dan deskripsi yang dijual sudah dibuat secara jelas.

Misalnya, ketika Anda memasukkan satu menu, tuliskan dalam deskripsi apa saja yang termasuk dalam menu tersebut. Jika perlu, buat semenarik mungkin.

3. Tampilkan Visual Produk yang Menarik

Cara berjualan di GrabFood yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah pemilihan visual atau gambar produk.

Gambar produk terkadang menjadi pengaruh besar pada keputusan pelanggan, lho. Jadi, sebaiknya Anda menyertakan gambar yang menarik dan pastikan real picture.

Baca Juga: Tutorial Cara Mendaftar GoFood serta Biaya & Syaratnya

4. Aktifkan Promo dan Diskon

GrabFood menyediakan pengaturan promo untuk pelanggan. Nah, hal ini yang sering kali dimanfaatkan para pemilik restoran guna meningkatkan penjualannya.

Jangan takut rugi, ada banyak strategi yang bisa Anda gunakan agar tetap bisa memberikan promo kepada pelanggan namun tetap untung, kok.

Tanpa adanya diskon maupun promo, sebagian besar pelanggan pasti akan berpikir ulang untuk membeli makanan di restoran Anda.

5. Masukkan Produk pada Kategori Menu yang Tepat

Tips terakhir dalam cara berjualan di GrabFood adalah mengatur posisi menu di kategori yang tepat.

Apabila Anda menjual berbagai jenis makanan, mulai dari makanan berat, camilan, hingga minuman, maka buatlah kategori agar pelanggan tidak sulit menemukan produk yang diinginkan.

Agar lebih mudah dalam pengelolaan menu restoran di platform pesan antar online, Anda bisa memanfaatkan fitur Food Delivery Integration dari Runchise.

Runchise telah terhubung secara resmi dengan GrabFood sehingga Anda bisa mengelola menu dan menerima pesanan melalui satu platform tanpa harus memiliki aplikasi terpisah.

Dengan begitu, akan lebih mudah bagi Anda untuk fokus pada setiap pesanan yang masuk atau mengatur menu dan promo dari GrabFood tanpa harus berpindah-pindah aplikasi.

Bahkan, Anda pun bisa memonitor performa banyak outlet di satu tempat. Pantau transaksi dari berbagai channel penjualan di satu dashboard.

Yuk, jadwalkan demo dengan Runchise sekarang untuk tahu lebih banyak terkait fitur yang kami tawarkan.

Baca Juga: 5 Strategi Pemasaran Cafe yang Efektif dan Bikin Laris Manis

Artikel lainnya