F&B Business

7 Cara Manajemen Cafe agar Mendapat Keuntungan Optimal

December 12, 2023
3 min read

Bisnis cafe kini telah menjamur di berbagai daerah. Hal ini membuat cafe menjadi peluang bisnis besar, terutama bagi anak muda. Namun, menjalankan bisnis cafe sebenarnya bukan hal yang mudah. Anda memerlukan cara manajemen cafe yang baik agar bisa bersaing dengan banyaknya kompetitor.

Selain itu, strategi yang baik dan tepat juga perlu dipikirkan dengan matang untuk memaksimalkan keuntungan di bisnis kuliner, seperti bisnis cafe.

Lantas, bagaimana cara manajemen cafe seharusnya dilakukan? Mari simak penjelasannya dalam artikel berikut ini.

Cara Manajemen Cafe

Menetapkan strategi manajemen yang baik menjadi salah satu unsur keberhasilan sebuah cafe. Seperti yang kita tahu, bisnis cafe kini sudah menjamur, sehingga mau tidak mau kita harus mampu bersaing dengan berbagai kompetitor.

Berikut adalah beberapa cara memulai bisnis cafe yang perlu Anda ketahui.

1. Membuat Dekorasi yang Menarik

Salah satu strategi bisnis cafe yang bisa menarik banyak pelanggan adalah membuat dekorasi tempat yang menarik, terutama sebagai spot foto.

Terkadang, bahkan sebagian besar orang mengunjungi sebuah cafe tidak hanya karena makanan dan minuman yang disajikan, tetapi ingin menikmati suasana yang baru.

Buat dekorasi cafe dengan suasana senyaman mungkin yang membuat orang ingin selalu menghabiskan waktu di sana. Hal ini akan mengundang lebih banyak pengunjung.

2. Menyusun Standar Operasional Prosedur

Cara manajemen cafe berikutnya adalah membuat standar operasional prosedur (SOP). hal ini berlaku pada cafe dengan skala kecil dan besar.

Anda dapat menggunakan SOP dari berbagai sumber, seperti buku atau internet. Memiliki SOP juga akan memudahkan pemberian pekerjaan pada karyawan baru.

Baca Juga: 5 Cara Membuat Menu Restoran dan Manajemennya, Yuk Simak!

3. Buat Struktur Organisasi yang Jelas

Selain membuat SOP, struktur organisasi yang jelas juga termasuk dalam cara manajemen cafe yang penting untuk ditentukan.

Hal ini akan berguna dalam jangka panjang, terutama jika Anda ingin membuka cabang lain. Struktur organisasi yang jelas bisa mempermudah komunikasi dalam bisnis.

4. Buat Catatan Keuangan

Pengelolaan keuangan dalam setiap bisnis sangat penting, hal ini berhubungan dengan modal, pendapatan, dan pengeluaran yang mana semuanya harus terperinci dengan jelas.

Maka dari itu, buatlah catatan keuangan atau akuntansi untuk mengontrol setiap transaksi yang terjadi. Anda dapat menggunakan catatan manual atau menggunakan aplikasi.

5. Tentukan Menu Andalan

Bagaimana cara mengelola cafe agar menarik perhatian pengunjung? Jawabanya adalah membuat menu andalan yang unik dan tidak dimiliki kompetitor.

Dalam hal ini, Anda bisa melakukan riset mengenai jenis makanan atau minuman yang belum disediakan oleh kompetitor namun dibutuhkan oleh banyak orang.

Memiliki menu andalan yang berbeda dari cafe lain akan membuat bisnis Anda memiliki value lebih dan membuat orang menjadi penasaran.

Baca Juga: Cara Mengurangi Biaya Operasional Restoran Dengan SCM

6. Terapkan Strategi Marketing yang Tepat

Menentukan strategi marketing yang tepat sejak awal juga menjadi salah satu cara manajemen cafe yang perlu diperhatikan.

Tanpa adanya marketing, tentu saja bisnis Anda akan lebih sulit menjangkau konsumen. Cobalah memanfaatkan media sosial dan influencer untuk mengenalkan cafe Anda.

7. Menentukan Pengelolaan Bahan Baku

Dalam sebuah cafe, pengelolaan bahan baku penting untuk dipikirkan sejak awal. Hal ini berkaitan dengan ketersediaan stok setiap harinya.

Agar proses pengelolaan bahan baku lebih efektif, Anda dapat menggunakan Outlet Management Solution dari Runchise.

Runchise memiliki sistem operasional dan back office yang terintegrasi, dilengkapi dengan fitur supply chain dan pengadaan barang.

Dengan memanfaatkan fitur tersebut, Anda dapat menyesuaikan kebutuhan dapur untuk mengurangi risiko stok terbuang.

Selain itu, fitur supply chain dari Runchise juga akan membantu Anda melakukan perhitungan stok secara otomatis untuk memudahkan pemesanan.

Yuk, jadwalkan demo dengan time Runchise untuk mempelajari lebih lanjut tentang fitur kami!

Baca Juga: Mengenal Manfaat Aplikasi Pos untuk Kemudahan Bisnis

Artikel lainnya