F&B Business

Begini Cara Membuat QRIS All Payment untuk Restoran Anda

December 12, 2023
3 min read

QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) adalah jenis sistem pembayaran yang dilakukan melalui QR code untuk beragam pembayaran.

Penting bagi setiap pemilik bisnis restoran mengetahui bagaimana cara membuat QRIS dan mengimplementasikannya dalam bisnisnya.

Pasalnya metode pembayaran praktis ini sudah diimplementasikan secara nasional sejak 1 Januari 2020. Kini, QRIS telah banyak digunakan di tempat makan.

Sayangnya, masih banyak pelaku bisnis restoran yang bingung mengenai cara membuat QRIS. Apakah Anda salah satunya?

Jika iya, tenang saja! Yuk, simak penjelasan selengkapnya mengenai cara membuat QRIS dalam artikel berikut ini.

Jenis-Jenis QRIS

Pada dasarnya, terdapat dua jenis QRIS yaitu MPM (merchant presented mode) dan CPM (customer presented mode). QRIS MPM terbagi lagi menjadi dua jenis, yaitu MPM statis dan dinamis.

Berikut penjelasan selengkapnya tentang jenis-jenis QRIS:

1. QRIS MPM Statis

Pada QRIS MPM statis, konsumen akan melakukan scan kemudian memasukkan nominal transaksi dan PIN mobile banking atau e-wallet. Selang beberapa detik, merchant akan menerima notifikasi transaksi.

2. QRIS MPM Dinamis

Pada QRIS dinamis, barcode tidak dipajang seperti hanya MPM statis, melainkan dikeluarkan melalui mesin EDC atau smartphone.

Sebelumnya, merchant perlu memasukkan nominal transaksi konsumen terlebih dahulu kemudian konsumen baru melakukan scan QRIS.

Jadi, pada sistem QRIS dinamis, konsumen tidak perlu memasukkan nominal secara mandiri. Sehingga, bisa mencegah kekeliruan harga.

3. QRIS CPM

Pada QRIS CPM, pelanggan hanya perlu menunjukkan barcode pembayaran dari aplikasi yang digunakan untuk di-scan oleh merchant.

Baca Juga: Ini 10 Fitur Sistem POS untuk Restoran yang Bermanfaat

Cara Membuat QRIS untuk Restoran

Berikut adalah langkah-langkah membuat QRIS untuk restoran yang bisa Anda ikuti:

1. Kunjungi Website dan Registrasi

Cara membuat QRIS yang pertama adalah melakukan registrasi melalui website www.qris.id. Nantinya, Anda akan diminta mengisi formulir.

2. Pembayaran QRIS

Setelah melakukan pengisian formulir, Anda akan diminta untuk melakukan pembayaran melalui e-wallet, bisa dari GoPay, OVO, LinkAja, dan lain-lain.

Apabila belum melakukan pembayaran setelah melakukan pengisian formulir, maka pendaftaran akan ditunda paling lama 14 hari sebelum dibatalkan. 

3. Notifikasi Registrasi

Setelah pembayaran berhasil, Anda akan mendapatkan username dan password untuk login di website melalui email dan whatsapp.

Login di halaman dashboard untuk melengkapi dokumen fisik administrasi dan melakukan unggah data secara mandiri.

4. Unggah Dokumen

Cara membuat QRIS berikutnya adalah mengunggah dokumen kelengkapan administrasi sesuai ketentuan yang disarankan untuk melanjutkan pengajuan.

5. Notifikasi Kelengkapan File

Anda akan mendapatkan notifikasi kelengkapan file maksimal dalam waktu satu minggu.  Jika pengajuan berhasil, maka Anda akan mendapatkan email dan whatsapp terkait hasil pengajuan.

Setelah itu, Anda bisa langsung mencetak barcode QRIS secara mandiri. Limit transaksi QRIS adalah Rp10 juta.

Itulah penjelasan mengenai bagaimana cara membuat QRIS lengkap dengan jenis-jenisnya yang penting untuk Anda pahami.

Jadi, cukup mudah bukan untuk membuat QRIS?

Namun, akan lebih mudah lagi jika Anda memanfaatkan fitur QRIS dari aplikasi POS Runchise untuk bisnis restoran Anda.

Dengan aktivasi QRIS di Runchise, Anda tidak perlu repot-repot untuk mengurus QRIS dari awal karena semuanya akan diurus oleh tim kami.

Runchise telah menggunakan sistem QRIS dinamis yang sudah terintegrasi POS. Pembayarannya pun bisa melalui mobile banking dan e-wallet.

Anda pun bisa melakukan report transaksi secara real time dan monitoring dengan mudah. Bahkan, settlement sudah terautomasi, termasuk di hari libur.

Runchise juga siap memberikan bantuan dan troubleshooting secara langsung jika Anda mengalami kendala selama penggunaanya.

So, tunggu apa lagi? Yuk, kenali fitur Runchise lebih jauh dengan menjadwalkan demo gratis bersama tim kami!

Baca Juga: Mengenal Manfaat Aplikasi POS untuk Kemudahan Bisnis

Artikel lainnya