F&B Business

5 Cara Mengatasi Kecurangan Kasir Restoran dengan Aplikasi POS

December 12, 2023
3 mins read

Dalam sebuah bisnis restoran, ada banyak tantangan yang harus dihadapi, di mana salah satunya adalah bagaimana cara mengatasi kecurangan kasir.

Selain memasang kamera CCTV untuk memantau kegiatan operasional, berlangganan aplikasi POS (Point of Sales) juga bisa menjadi salah satu solusi yang efektif.

Pasalnya, aplikasi POS memiliki berbagai fitur yang memudahkan Anda sebagai pemilik bisnis untuk memantau kinerja karyawan dari jauh.

Namun, yang tak kalah penting dari itu adalah saling meningkatkan kepercayaan antar karyawan dan menjamin kesejahteraan mereka.

Upaya tersebut juga bisa menjadi cara untuk meminimalkan terjadinya kecurangan yang menyebabkan kerugian pada restoran Anda.

Berikut adalah informasi lebih lengkap mengenai beberapa cara mengatasi kecurangan kasir dengan aplikasi POS (Point of Sales). Yuk, simak!

Cara Mengatasi Kecurangan Kasir dengan Aplikasi POS

Kecurangan yang terjadi pada konter kasir restoran bisa saja merugikan restoran. Namun, hal tersebut dapat dicegah dengan beberapa cara berikut ini.

1. Menciptakan Lingkungan Kerja yang Positif

Hal pertama yang perlu dilakukan oleh pemilik bisnis dalam cara mengatasi kecurangan kasir restoran adalah dengan menciptakan lingkungan kerja yang positif.

Upaya ini tentu saja dimulai dari orang yang berpengaruh. Lingkungan kerja yang positif bisa dimulai dengan menciptakan komunikasi terbuka, kejujuran, dan keadilan.

Baca Juga: 7 Strategi Pemasaran Produk yang Efektif Tingkatkan Penjualan

2.  Membatasi Akses Cancel Transaksi

Pada dasarnya, pembatalan pesanan adalah hal yang lumrah terjadi. Sayangnya, hal ini banyak dimanfaatkan oleh kasir restoran yang ingin melakukan kecurangan.

Kecurangan ini terjadi apabila pesanan yang dibatalkan tidak dikembalikan ke tempat asalnya. Hal tersebut bisa dicegah dengan membatasi akses untuk melakukan pembatalan.

3. Meningkatkan Keamanan

Dengan sistem manual, maka Anda hanya bisa memberikan kepercayaan pada karyawan tanpa bisa melakukan pemantauan secara langsung.

Inilah bedanya mesin kasir biasa dan aplikasi POS. Melalui aplikasi POS, Anda bisa melakukan pemantauan terhadap transaksi yang masuk dan penggunaan bahan baku. Dengan begitu, akan lebih mudah dalam mendeteksi kecurangan.

4. Rutin Memeriksa Uang Kas pada Aplikasi

Cara mengatasi kecurangan kasir restoran berikutnya adalah memeriksa uang kas secara berkala. Mengingat bahwa uang kas adalah uang yang rentan digelapkan.

Inilah alasan mengapa Anda disarankan untuk menggunakan aplikasi POS. Karena melalui aplikasi ini, Anda bisa mengecek laporan keuangan sesuai transaksi yang masuk

Baca Juga: Mengenal Komponen dan Jenis-Jenis Sistem Pembayaran

5. Melakukan Audit Berkala

Cara mengatasi kecurangan kasir restoran juga bisa dilakukan dengan audit secara berkala. Beberapa aktivitas yang dapat Anda pantau melalui aplikasi POS adalah:

  • Penghapusan menu dalam struk pembelian.
  • Pembatalan transaksi.
  • Perubahan harga barang.
  • Perubahan waktu.
  • Pelanggaran sistem keamanan.

Nah, guna mendukung berbagai upaya di atas, tentunya Anda perlu memiliki aplikasi POS yang telah dilengkapi dengan berbagai fitur monitoring yang baik.

Dalam hal ini, Runchise adalah salah satu aplikasi POS terintegrasi yang bisa menjadi pilihan Anda dalam mengatasi kecurangan kasir di restoran.

Runchise telah dilengkapi dengan fitur Multi Outlet Management yang memungkinkan Anda untuk melakukan audit kinerja restoran dari berbagai outlet.

Melalui fitur Multi Outlet Management dari Runchise, Anda pun dapat mengelompokkan outlet restoran untuk memudahkan pemantauan dan evaluasi.

Kemudian, keamanan dan privasi data juga tetap terjamin berkat akses pengguna yang bisa diatur secara fleksibel sesuai kebutuhan.

Tidak hanya itu, Runchise juga dilengkapi fitur Supply Chain Management yang memungkinkan Anda melakukan monitor bahan baku secara real time.

Hal tersebut dapat membantu Anda lebih mudah dalam membandingkan hasil penjualan dengan penggunaan bahan baku. Dari sini, Anda bisa mengetahui apakah kedua komponen tersebut sama atau terdapat indikasi kecurangan.

Yuk, jadwalkan demo dengan Runchise untuk memahami lebih banyak fitur-fitur menarik yang kami tawarkan!

Baca Juga: Tips Mengelola Usaha dengan Banyak Cabang, Yuk Simak!

Artikel lainnya