Development

Jangan Bingung, Begini Cara Mengoperasikan Mesin POS

August 13, 2023
3 mins read

Teknologi dalam dunia bisnis restoran, salah satunya mesin POS telah berperan penting dalam peningkatan efisiensi dan produktivitas.

Mesin POS adalah sistem yang mampu mengelola proses transaksi dan manajemen penjualan secara otomatis dan lebih efisien.

Meski begitu, fungsi mesin POS tidak hanya sekadar alat untuk mencatat transaksi, namun juga terintegrasi dengan berbagai fitur yang memudahkan proses bisnis.

Beberapa fitur yang biasanya tergabung dalam mesin point of sales di antaranya kelola harga dan menu, persediaan barang, hingga laporan.

Namun, hadirnya teknologi ini terkadang membuat beberapa orang merasa bingung mengenai cara pengoperasiannya.

Jika Anda salah satunya, maka saat ini Anda sudah berada di tempat yang tepat. Kali ini, kita akan membahas tentang tips pengoperasian mesin point of sales. Yuk, simak!

Cara Mengoperasikan Mesin POS (Point of Sales)

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam pengoperasian mesin POS kasir, berikut masing-masing penjelasannya.

1. Atur Aplikasi sesuai dengan Kebutuhan

Dalam cara mengoperasikan mesin POS, sebaiknya Anda mengatur sesuai dengan kebutuhan sejak awal. Jadi, pastikan aplikasi POS yang Anda gunakan memiliki fitur yang Anda butuhkan.

Anda pun dapat membaca buku panduan terlebih dahulu atau menghubungi customer service terkait apabila mengalami kesulitan dalam awal pengoperasiannya.

Mungkin Anda juga akan dihadapkan dengan beberapa kali proses pengaturan hingga bisa menemukan setting yang paling sesuai.

Baca Juga: Mengenal Table Management, Fitur Untuk Mengelola Resto

2. Lakukan Update secara Berkala

Update berkala yang dimaksudkan dalam hal ini tidak hanya update aplikasi, tetapi juga pembaruan harga, diskon, dan ketersediaan menu.

Segera keluarkan atau hapus produk-produk yang sekiranya tidak tersedia ataupun sudah tidak dijual agar konsumen tidak bingung saat akan memesan.

3. Kontrol Uang yang Diterima

Bagian penting yang perlu diperhatikan dalam pengoperasian mesin POS adalah memastikan bahwa uang yang masuk dan keluar sudah sesuai.

Karenanya, lakukan pengecekan secara rutin terkait laporan di mesin POS mengenai jumlah uang dan persediaan barang.

Hal ini dilakukan untuk meminimalkan kesalahan input atau human error yang dilakukan oleh karyawan toko, misalnya lupa meng-update harga menu.

Baca Juga: Mengenal Manfaat POS untuk Bisnis Franchise, Yuk Simak!

4. Fokus pada Fitur Penting

Mesin POS cenderung dilengkapi dengan berbagai fitur yang dapat membantu operasional bisnis restoran Anda.

Namun, Anda hanya perlu fokus pada fitur-fitur yang dibutuhkan saja, dan sesuaikan dengan keperluan bisnis. Hal ini bertujuan agar Anda tidak terdistraksi dengan fitur yang sebenarnya tidak diperlukan dalam bisnis.

Misalnya, pada bisnis restoran, biasanya Anda akan membutuhkan fitur daftar harga, database penjualan, penerimaan pesanan, catatan transaksi, secan barcode, persediaan barang, dan lain-lain.

Nah, fitur-fitur tersebut bisa Anda dapatkan dalam satu aplikasi melalui Runchise.Runchise telah dilengkapi dengan berbagai fitur yang dapat membantu mengembangkan restoran.

Mulai dari solusi restoran yang terdiri dari multi-station, manajemen meja, manajemen lokasi, supply chain management, keanggotaan pelanggan, diskon dan promosi, serta laporan.

Bahkan, Runchise juga telah dilengkapi dengan solusi integrasi, berupa integrasi dengan aplikasi food delivery (GoFood dan GrabFood) serta integrasi dengan software akuntansi.

5. Cetak Laporan di Akhir Bulan

Setiap akhir bulan, lakukan pengecekan terhadap laporan keuangan yang telah tersedia dalam fitur mesin point of sales untuk melihat perkembangan bisnis.

Aplikasi POS Runchise juga telah dilengkapi dengan fitur laporan komprehensif yang bisa membantu Anda melakukan analisis secara mendalam.

Dengan begitu, Anda pun bisa mengambil keputusan bisnis terbaik dalam proses pengembangan restoran.

Yuk, cari tahu lebih lanjut mengenai Runchise dengan melakukan demo gratis bersama tim kami sekarang juga!

Baca Juga: Apa itu Supply Chain Management & Pentingnya bagi Restoran

Artikel lainnya