F&B Business

Hal-Hal Penting dalam Dasar Manajemen Keuangan Restoran

September 22, 2023
3 mins read

Dasar-dasar manajemen keuangan restoran penting untuk dipahami oleh setiap pelaku bisnis kuliner. Pasalnya, tidak hanya memiliki peluang kesuksesan yang besar, namun tantangan membuka bisnis restoran juga cukup tinggi.

Tak sedikit bisnis restoran yang tidak mampu bertahan lama, bahkan hanya beberapa bulan saja karena tidak memiliki manajemen keuangan yang baik.

Meski kesuksesan bisnis kuliner tidak hanya dipengaruhi oleh faktor keuangan saja, namun hal ini memiliki peran yang sangat signifikan dalam berjalannya restoran Anda.

So, jika ingin bisnis restoran yang Anda bangun berjalan lancar, yuk simak penjelasan mengenai dasar-dasar manajemen keuangan di restoran berikut ini.

Dasar-Dasar Manajemen Keuangan di Restoran

Jika tidak mengetahui bagaimana cara mengelola keuangan bisnis kuliner dengan baik, maka potensi Anda mengalami kerugian akan semakin tinggi.

Untuk menghindari hal tersebut, mari pahami hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam manajemen keuangan restoran di bawah ini.

1. Menentukan Anggaran Biaya

Kehadiran anggaran memungkinkan Anda untuk mengontrol agar biaya-biaya di restoran tetap terkendali. Dengan begitu, keuntungan yang bisa didapatkan akan optimal.

Pastikan Anda mengalokasikan anggaran untuk setiap aspek bisnis Anda, termasuk operasional (seperti pembayaran listrik, air, gas, bahan baku, dan lainnya) dan biaya tetap (seperti gaji karyawan dan sewa tempat).

Setelah menetapkan anggaran biaya tersebut, pastikan Anda juga mematuhinya selama keberlangsungan bisnis.

Baca Juga: Pentingnya Software Akuntansi Terintegrasi Bagi Bisnis F&B

2. Membuat Pembukuan secara Rinci

Catat setiap pemasukan dan pengeluaran restoran Anda dengan teliti, ya!

Upaya ini akan memungkinkan Anda untuk mengawasi arus uang di restoran, termasuk sumber dan tujuan pengeluaran tersebut.

Dengan pencatatan ini, Anda dapat menilai apakah pengeluaran restoran melebihi batas atau mungkin melebihi pendapatan restoran.

3. Perhatikan Menu yang Dijual

Memperhatikan variasi menu juga termasuk dalam dasar manajemen keuangan restoran. Penting untuk sesekali mempertimbangkan pengurangan menu.

Ini diperlukan untuk memastikan bahwa menu yang Anda tawarkan benar-benar menghasilkan keuntungan, serta bisa menghindari potensi masalah seperti penumpukan bahan makanan yang tidak terpakai atau sisa-sisa yang berlebihan karena porsi menu terlalu besar.

Baca Juga: 5 Tips Maksimalkan Keuntungan Bisnis F&B, Yuk Catat!

4. Hindari Menunda Pembayaran Kewajiban

Menunda pembayaran memang bisa memberikan manfaat yang besar, terutama ketika dana yang tersedia terbatas.

Namun, sebaiknya Anda tidak mengakumulasi terlalu banyak utang restoran, yang pada akhirnya dapat merugikan stabilitas keuangan bisnis Anda. Menumpuknya utang hanya akan memperburuk situasi finansial restoran ke depannya.

5. Perhatikan Persediaan Bahan Baku

Tanpa pencatatan yang akurat, ada risiko banyak bahan makanan yang terlupakan hingga kadaluarsa. Jika sampai terjadi, tentu akan merugikan, bukan? 

Maka dari itu, pastikan mencatat dengan baik jumlah bahan makanan yang Anda miliki beserta tanggal kadaluarsanya jika berlaku.

Itulah penjelasan mengenai dasar-dasar manajemen keuangan pada bisnis restoran yang penting untuk Anda pahami sebagai pelaku bisnis kuliner.

Manajemen keuangan restoran Anda akan lebih efektif jika didukung dengan teknologi yang dapat memudahkan Anda mengontrol keuangan dengan baik. Nah, dalam hal ini, aplikasi POS Runchise siap membantu Anda.

Melalui fitur yang telah terintegrasi dengan software akuntansi Jurnal dan Accurate, Runchise dapat membantu mempermudah pelaporan keuangan dan meningkatkan efisiensi bisnis Anda.

Sinkronisasi data transaksi dari Runchise ke dalam aplikasi Jurnal atau Accurate, maka semua data keuangan restoran Anda akan secara otomatis tercatat pada aplikasi tersebut.

Yuk, tingkatkan efisiensi dan minimalisasi risiko kesalahan input data dengan menggunakan aplikasi POS Runchise untuk bisnis restoran Anda!

Baca Juga: Cara Mudah Mengelola Laporan Laba Rugi Restoran, Cek di Sini!

Artikel lainnya