F&B Business

5 Panduan Manajemen Restoran agar Bisnis Berjalan Lancar

December 12, 2023
3 mins read

F&B adalah salah satu jenis bisnis yang tidak mudah namun tidak sulit untuk dilakukan. Hal yang terpenting, Anda harus memahami bagaimana manajemen restoran yang baik.

Cara mengelola bisnis kuliner yang satu dengan lainnya bisa jadi berbeda. Misalnya, manajemen cafe dan bisnis franchise makanan tentunya berbeda.

Bisa dibilang, cara manajemen restoran adalah langkah krusial dalam memulai suatu bisnis kuliner. Hal ini mencakup strategi produk, pelayanan, dan sebagainya.

Yuk, ketahui hal-hal apa saja yang bisa dilakukan dalam upaya manajemen restoran Anda pada ulasan di bawah ini.

Panduan Manajemen Restoran

Sebagai pemilik restoran, jika Anda mampu membentuk manajemen restoran yang baik, maka bisnis Anda juga akan lancar.

Manajemen restoran dibutuhkan untuk menghadapi persaingan yang semakin tinggi dan mempertahankan pelanggan yang sebelumnya sudah sering mengunjungi restoran Anda.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam menyiapkan manajemen restoran yang baik. 

1. Tingkatkan Pengalaman Pelanggan

Pengalaman pelanggan bisa ditingkatkan dengan membuat dekorasi restoran yang menyenangkan, misalnya menyediakan tempat di luar ruangan.

Selain memberikan nuansa yang berbeda, menyediakan tempat di luar ruangan juga memungkinkan restoran Anda untuk menampung lebih banyak pengunjung.

Anda pun bisa memberikan beberapa promo atau diskon untuk menarik lebih banyak pelanggan dengan syarat tertentu.

Pengalaman pelanggan juga dapat meningkat dengan metode pemesanan yang praktis tanpa harus mengantri di kasir.

Nah, hal ini bisa Anda wujudkan dengan menggunakan fitur QR Dine In dari Runchise. Fitur ini memungkinkan pelanggan memesan menu sekaligus melakukan pembayaran di meja.

Baca Juga: Memahami aktivitas Supply Chain Management dalam Restoran

2. Memanfaatkan Media Sosial

Pengaruh media sosial dalam marketing saat ini sangat besar. Bahkan, sebagian besar pengunjung restoran atau cafe pasti dipengaruhi oleh media sosial.

Jadi, jangan remehkan kekuatan media sosial, ya. Memaksimalkan promosi di media sosial juga menjadi bagian manajemen restoran yang tidak boleh dilewatkan.

Buat jadwal teratur untuk mengunggah konten di media sosial untuk menambah engagement. Anda juga bisa mengajak influencer untuk bekerja sama mempromosikan restoran Anda.

3. Perhatikan Tugas Non-layanan

Jangan hanya tugas layanan saja yang perlu diperhatikan dalam manajemen restoran. Namun, tugas non-layanan juga perlu diperhatikan, misalnya membersihkan peralatan dan inventaris restoran.

Selain membuat shift kerja karyawan, Anda pun dapat menjadwalkan karyawan untuk membersihkan perlengkapan restoran. Penjadwalan ini bisa dilakukan untuk menghindari tambahan jam kerja bagi karyawan ataupun penambahan tenaga kerja baru.

4. Tawarkan Menu yang Menarik

Pilihan menu adalah salah satu faktor utama dalam kepuasan pelanggan. Jadi, pastikan Anda memilih menu yang menarik dan tentunya memiliki cita rasa lezat.

Di samping itu, lakukan evaluasi terkait menu yang paling laku dan tidak laku. Anda dapat mencoret menu yang kurang diminati untuk menghindari bahan baku yang terbuang.

Baca Juga: 5 Strategi Pemasaran Cafe yang Efektif dan Bikin Laris Manis

5. Digitalisasi Operasi Restoran Anda

Hal yang tak kalah penting dalam sistem manajemen restoran adalah mewujudkan digitalisasi operasi restoran Anda.

Kini, operasional restoran Anda akan lebih mudah dengan memanfaatkan kehadiran aplikasi POS (Point of Sales).

Nah, salah satu pilihan aplikasi POS yang sudah memiliki fitur lengkap adalah Runchise.

Runchise telah dilengkapi dengan berbagai fitur yang memudahkan manajemen restoran Anda, seperti integrasi dengan aplikasi pesan antar dan akuntansi, QR Dine In, Branded Online Delivery dan masih banyak lagi.

Jika ingin tahu lebih banyak mengenai fitur Runchise, Anda dapat mengatur jadwal demo dengan tim kami, ya!

Baca Juga: Bantu Restoran Makin Berkembang? Ini Dia Pentingnya Aplikasi Kasir!

Artikel lainnya