F&B Business

Cara Membuat QR Code Menu Makanan untuk Bisnis F&B

August 24, 2023
3 min read

Jika menggunakan menu fisik terkadang menyulitkan pemilik restoran saat ingin melakukan update menu atau harga. Kini, hal tersebut sudah tidak menjadi masalah karen menu QR code makanan bisa menjadi solusinya.

Meski belum banyak dipraktekkan, kini sistem menu QR code makanan sudah mulai diminati oleh konsumen karena memudahkan mereka dalam memesan makanan.

Bahkan dengan sistem menu QR code, konsumen tidak perlu menyentuh buku fisik seperti menu konvensional yang sering kita temui.

Namun, sebagai pelaku bisnis restoran, Anda mungkin ingin tahu bagaimana cara membuat QR code makanan. Karena itu, yuk simak informasi selengkapnya di sini!

Keuntungan Membuat QR Code Menu Restoran

Ketika restoran sedang dipadati oleh pengunjung, maka penggunaan QR code makanan adalah solusi praktis untuk mencegah antrian.

Namun tak hanya itu, beberapa keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan setelah menggunakan QR code menu adalah sebagai berikut.

1. Proses Pemesanan Lebih Praktis

QR code menu makanan biasanya memudahkan konsumen untuk langsung memesan makanan melalui meja, tanpa harus memanggil waiter.

Jadi, selain proses pemesanan lebih cepat, restoran juga bisa menghemat tenaga karena tidak perlu menyediakan karyawan khusus untuk mencatat pesanan.

2. Update Menu dan Harga Lebih Mudah

Terkadang, seiring dengan peningkatan harga bahan baku dan inovasi, restoran perlu mengubah harga dan menambahkan menu baru.

Jika menggunakan menu fisik, maka Anda perlu mencetak ulang dan tentunya membutuhkan biaya lebih lagi.

Nah, dengan menggunakan QR code makanan, Anda hanya perlu meng-update menu dan harga melalui aplikasi kapan saja.

3. Pelanggan Lebih Mudah Mengakses Informasi Menu

Menu digital biasanya juga lebih memudahkan Anda untuk memberikan informasi mengenai menu restoran melalui media sosial atau website.

Dengan begitu, konsumen yang akan makan di restoran Anda sudah bisa menentukan menu bahkan sebelum sampai di restoran.

Jadi, saat sampai restoran tinggal pesan, deh!

4. Pengalaman Baru bagi Pelanggan

Hadirnya QR code makanan ini juga bisa memberikan pengalaman baru bagi konsumen restoran Anda, lho.

Menentukan menu dari smartphone-nya masing-masing biasanya akan memberikan pengalaman unik bagi setiap konsumen

Apalagi menu digital biasanya menyuguhkan visual yang menarik, sehingga lebih memanjakan mata konsumen saat memesan makanan.

Baca Juga: Tujuan Penggunaan Software Kasir Toko dalam Mempermudah Bisnis

Cara Membuat Menu QR Code Makanan

Cara buat menu QR code makanan bisa dilakukan secara manual dengan membangun website sendiri terlebih dahulu.

Lalu, buat menu restoran dengan format PDF yang mencakup berbagai menu. Pastikan tampilannya sudah mobile friendly, ya!

Kemudian, gunakan pembuat QR code online dan tautkan barcode tersebut ke situs web Anda agar konsumen bisa melihat menu dengan men-scan barcode.

Jika dirasa langkah-langkah tersebut masih sulit untuk diimplementasikan, maka ada solusi praktis yang bisa Anda gunakan. Apa itu?

Yup, gunakan saja aplikasi POS dari Runchise. Runchise telah dilengkapi dengan fitur QR Dine In yang memudahkan proses pemesanan karena pesanan dari pelanggan akan langsung masuk ke dapur.

Melalui fitur QR Dine In, pelanggan bisa langsung pesan makanan dari meja tanpa harus antri dan bisa langsung melakukan pembayaran di kasir.

Bahkan, fitur ini juga bisa membantu meminimalkan kesalahan input akibat human error serta dapat menghemat tenaga dan biaya tentunya.

Anda pun bisa melakukan perubahan harga dan menu melalui aplikasi tanpa harus mengganti menu fisik. Cukup praktis, bukan?

Yuk, segera jadwalkan demo dengan tim Runchise secara gratis untuk mengetahui lebih lanjut tentang berbagai fitur menarik lainnya.

Baca Juga: 5 Cara Membuat Menu Restoran dan Manajemennya, Yuk Simak!

Artikel lainnya