F&B Business

QR Code Restoran: Apa Pentingnya bagi Keberlangsungan Bisnis?

November 27, 2023
3 mins read

Di era digital seperti sekarang, sudah saatnya bagi bisnis restoran mengadopsi teknologi yang dapat membantu meningkatkan pelayanan, salah satunya dengan penggunaan QR code restoran terintegrasi.

Selain dapat meningkatkan pelayanan, keuntungan QR menu yang terintegrasi bagi restoran adalah membantu proses operasional bisnis menjadi lebih efisien.

Teknologi ini memungkinkan pelanggan untuk mengakses menu restoran tanpa harus melakukan kontak fisik, seperti halnya menggunakan buku menu. Yuk, simak lebih lanjut tentang manfaat dan cara memilih layanan QR code menu di bawah ini.

Apa itu Menu QR Code Restoran?

Menu QR code restoran adalah terobosan baru dalam dunia kuliner yang memanfaatkan respons cepat guna memberikan cara interaktif bagi pelanggan untuk memilih menu.

Melalui sistem ini, pelanggan tidak perlu menggunakan kontak fisik dalam mengakses menu, melainkan hanya perlu scan barcode menu dari HP mereka.

Tak kalah dengan menu fisik, QR menu pun dapat memberikan menu yang lengkap, deskripsi yang rinci, harga, hingga tampilan visual hidangan.

Selain meminimalkan kontak fisik di restoran, sistem ini juga dapat membantu mengurangi limbah restoran serta menunjang kepuasan pelanggan.

Baca juga: Cara Membuat QR Code Menu Makanan untuk Bisnis F&B

Manfaat Menu QR Code Restoran

Lebih jelasnya, berikut adalah beberapa manfaat penggunaan menu QR code bagi bisnis restoran Anda.

1. Pemesanan Lebih Efisien

Melalui QR code cafe maupun restoran, pemesanan menu menjadi lebih efisien. Hal ini memungkinkan pelanggan untuk menjelajahi berbagai menu di restoran melalui ponsel mereka.

Selain itu, sistem ini juga dapat mengurangi tekanan pada pelayang saat jam-jam sibuk karena pelayan tidak perlu mencatat pesanan setiap pelanggan secara manual.

Dengan begitu, proses pemesanan di restoran Anda bisa lebih efisien dan pelayanan pun akan berjalan lancar.

2. Update secara Real-Time

Melalui menu digital, Anda pun dapat melakukan update menu kapan pun, misalnya ingin mengubah harga, promo, atau pilihan menu tertentu.

Restoran dapat melakukan perubahan menu dengan cepat, namun tetap memastikan bahwa pelanggan dapat memiliki akses ke penawaran terbaru.

3. Integrasi Multimedia

QR menu tidak hanya bisa berisi teks saja, namun Anda juga dapat memasukkan gambar untuk menarik perhatian pelanggan.

Hal ini tentunya dapat memberikan menu yang lebih informatif bagi pelanggan.

Baca Juga: Begini Cara Membuat QRIS All Payment untuk Restoran Anda

4. Menghemat Biaya Sumber Daya

Menu fisik sering kali harus diganti atau dicetak ulang ketika Anda hendak melakukan perubahan. Hal ini tentunya akan menambah biaya, bukan?

Jadi, menggunakan menu digital yang memungkinkan Anda untuk melakukan update kapan pun tentu dapat menghemat biaya percetakan sekaligus meminimalkan limbah,

5. Meningkatkan Keterlibatan Pelanggan

Dengan menggunakan QR menu, Anda pun dapat menghubungkan pelanggan dengan berbagai program loyalitas, penawaran, maupun survei.

Aktivitas ini tentunya dapat meningkatkan keterlibatan pelanggan, sekaligus bisa menjadi bahan evaluasi Anda terhadap restoran.

Pilih Penyedia QR Code Restoran yang Terpercaya

Jika ingin menggunakan QR code menu untuk restoran Anda, sebaiknya pilih penyedia yang terpercaya dan memberikan fitur yang lengkap.

Dalam hal ini, Anda dapat QR code restoran menggunakan fitur yang telah disediakan oleh sistem operasional Runchise.

Runchise merupakan solusi operasional F&B yang telah terintegrasi dengan berbagai aplikasi pendukung, salah satunya QR Dine In.

Melalui fitur ini, Anda dapat mengelola seluruh outlet restoran dengan lebih efisien karena bisa hemat waktu, hemat biaya, dan hemat kesalahan.

Anda pun bisa meningkatkan penjualan dengan melayani lebih banyak pelanggan, menyediakan pemilihan pembayaran open bill dan closed bill, meminimalkan kesalahan order, dan tetap bisa melayani secara optimal saat rush hour.

Yuk, gunakan QR Dine In dan kembangkan bisnis F&B Anda dengan pesat bersama Runchise.

Baca Juga: 5 Manfaat Penggunaan Online Ordering Untuk Bisnis Restoran

Artikel lainnya