F&B Business

5 Strategi Pemasaran Restoran yang dapat Anda Terapkan!

October 24, 2023
3 mins read

Kebutuhan seseorang terhadap restoran dan cafe tidak saat ini tidak hanya sebagai tempat makan saja, tetapi juga untuk hangout bersama teman.

Jadi, dalam menentukan strategi pemasaran restoran, Anda pun perlu mempertimbangkan kebutuhan tersebut agar bisa memenangkan persaingan bisnis kuliner.

Misalnya, selain menawarkan rasa makanan dan minuman yang lezat, Anda pun perlu mendesain restoran atau cafe menggunakan konsep yang menarik.

Namun tak hanya itu, masih ada banyak hal yang bisa Anda terapkan dalam mengatur strategi promosi restoran. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

Strategi Pemasaran Restoran untuk Meningkatkan Penjualan

Beberapa strategi restoran baru yang dapat Anda terapkan untuk menarik lebih banyak pelanggan dan meningkatkan penjualan adalah sebagai berikut.

1. Membuat Menu yang Lezat dan Unik

Cita rasa makanan dan minuman yang lezat memang cukup penting, namun membuat variasi menu yang unik juga tak kalah penting, lho.

Jadi, jika Anda ingin membuka restoran baru di daerah yang sudah banyak resto atau cafe, cobalah membuat inovasi menu yang berbeda.

Sebenarnya, tak masalah jika menjual jenis produk yang sama, namun Anda bisa mengakalinya dengan memberikan sentuhan berbeda dalam makanan atau minuman yang Anda tawarkan.

Baca Juga: 4 Keuntungan Menggunakan QR Menu untuk Bisnis Restoran

2. Membangun Restoran dengan Konsep yang Menarik

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, cafe atau restoran kini tak hanya memenuhi kebutuhan makan masyarakat saja.

Selain datang untuk makan, sering kali mereka juga ingin nongkrong dan berfoto-foto sehingga bisa saja menghabiskan waktu lebih lama di tempat Anda.

Karena itu, buatlah konsep restoran yang unik namun tetap mengedepankan kenyamanan agar konsumen betah dan ingin kembali lagi.

3. Memanfaatkan Media Sosial

Satu hal yang tak boleh dilewatkan dalam strategi pemasaran restoran adalah memanfaatkan berbagai platform media sosial, mulai dari IG, TikTok, X, maupun YouTube.

Jika ingin lebih maksimal, Anda bisa merekrut media social specialist untuk membantu memasarkan restoran Anda.

Ada banyak fitur di media sosial yang dapat membantu Anda meningkatkan brand awareness restoran, salah satunya adalah fitur Ads.

Baca juga: 7 Standar Dapur Restoran yang Penting untuk Diterapkan

4. Endorse Influencer sesuai dengan Target Pasar

Strategi pemasaran restoran berikutnya adalah endorse atau bekerja sama dengan influencer. Dalam hal ini, pilihlah food vlogger yang sesuai dengan target pasar Anda, ya.

Misalnya, jika Anda menjual makanan pedas, maka Anda bisa memilih influencer, seperti selebgram atau YouTuber yang sering membuat review makanan pedas.

Melalui bantuan influencer, Anda pun bisa menjangkau lebih banyak konsumen.

5. Menyediakan Layanan Delivery Order

Menyediakan layanan delivery order juga menjadi salah satu strategi pemasaran restoran yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan penjualan.

Hal ini dapat mengantisipasi pelanggan yang ingin makan di restoran Anda namun tidak bisa datang langsung karena sesuatu hal.

Nah, jika ingin memaksimalkan layanan delivery order sekaligus meningkatkan brand awareness restoran, Anda dapat menggunakan sistem operasional Runchise.

Runchise telah dilengkapi dengan Online Ordering System yang memungkinkan Anda untuk memiliki platform online delivery berbasis website sesuai dengan brand.

Melalui sistem ini, Anda dapat mengatur nama domain sendiri, menghemat biaya komisi untuk marketplace, mengoleksi data pelanggan, hingga menganalisis perilaku dan preferensi pelanggan.

Tenang, Online Ordering System dari Runchise juga telah terintegrasi dengan kurir pengiriman!

Yuk, coba dan lakukan konsultasi gratis dengan tim kami dengan menjadwal demo sekarang juga! 

Baca Juga: 7 Cara Mempromosikan Makanan Lewat Online agar Cepat Laku

Artikel lainnya