Development

Ketahui Syarat Daftar QRIS dan Keuntungannya bagi Restoran

September 9, 2023
3 mins read

Daftar QRIS kini memberikan banyak keuntungan bagi merchant. QRIS sendiri merupakan penyatuan QR dari berbagai PJSP (Penyelenggara Jasa Sistem pembayaran).

Pembuatan QRIS bertujuan untuk memudahkan proses transaksi, di mana pembeli hanya perlu melakukan pembayaran secara cashless melalui scan barcode.

Di samping itu, tujuan QRIS lainnya adalah mengintegrasikan berbagai macam metode pembayaran non-tunai di wilayah Indonesia. Sehingga, transaksi menjadi lebih cepat.

Gaya hidup yang mulai condong pada budaya cashless sekarang membuat para konsumen lebih memilih pembayaran melalui QRIS.

Itulah sebabnya, menyediakan metode pembayaran dengan QR payment dapat membantu meningkatkan pelayanan customer bagi restoran.

Namun sebelum itu, penting untuk mengetahui apa saja syarat daftar QRIS dan apa keuntungan dari metode pembayaran ini. Yuk, simak selengkapnya di sini.

Syarat Daftar QRIS

Syarat daftar QRIS untuk perorangan dan badan usaha ternyata tidak sama, lho. Berikut masing-masing penjelasannya.

1. Syarat Daftar QRIS Perorangan

Jika Anda sedang membuka usaha makanan di rumah dan ingin menambahkan QRIS sebagai salah satu metode pembayarannya, berikut syarat yang diperlukan:

  • Scan KTP.
  • Nomor KK yang sesuai dengan KTP.

2. Syarat Daftar QRIS Merchant/Badan Usaha

Sementara itu, beberapa syarat pendaftaran QRIS bagi badan usaha atau merchant, seperti restoran adalah sebagai berikut:

  • Scan KTP asli dari pemilik usaha.
  • Nomor KK sesuai KTP.
  • Scan akta perusahaan sesuai dengan nama usaha.
  • Scan NPWP usaha dagang.
  • Scan surat kuasa asli, jika menunjuk perwakilan dari suatu lembaga.

Baca Juga: Mengenal Fitur dalam Aplikasi Penjualan yang Memudahkan Bisnis

Daftar QRIS Bayar Berapa?

Anda mungkin bertanya-tanya berapa biaya untuk mendaftarkan QRIS. Biaya untuk pendaftaran QRIS adalah Rp30 ribu saja bagi semua jenis.

Jadi, ada dua jenis QRIS, yakni MPM dan CPM. Jenis QRIS yang biasa disarankan dan digunakan pada merchant adalah MPM karena lebih praktis.

Namun, perlu diketahui juga bahwa saat sudah terdaftar QRIS, akan ada beberapa biaya tertentu, salah satunya adalah biaya settlement.

Tapi tenang saja, biaya settlement ini tidak besar, yaitu sekitar Rp2ribu–Rp3 ribu, tergantung dari nominal yang dibukukan.

Baca Juga: Tips Memilih Aplikasi Kasir Toko untuk Penuhi Kebutuhan Bisnis

Contoh Proses Pembayaran QRIS

Pembayaran QRIS sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan, bahkan baik konsumen maupun Anda sebagai pemilik bisnis tidak perlu ribet saat transaksi.

Contohnya begini, ketika ada konsumen yang ingin membayar pesanan, Anda hanya perlu memberikan kode QRIS dan menerima notifikasi pembayaran tanpa harus menyiapkan uang kembalian. Praktis, bukan?

Keuntungan Daftar QRIS bagi Bisnis Restoran

Selain dapat meningkatkan pelayanan customer dengan proses transaksi yang lebih mudah, beberapa keuntungan lain dari QRIS bagi restoran adalah sebagai berikut:

  • Mampu menyediakan berbagai pembayaran, mulai dari OVO, Dana, Gopay, maupun mobile banking.
  • Mencegah penipuan, seperti pembayaran dengan uang palsu.
  • Meja kasir menjadi lebih kekinian.
  • Mempermudah pemantauan transaksi bisnis secara real time, karena semua transaksi tercatat dan terintegrasi.

Itulah penjelasan mengenai apa saja syarat daftar QRIS dan berbagi keuntungannya bagi pelaku bisnis, khususnya F&B.

Nah, jika ingin menambahkan QRIS dalam salah satu metode pembayaran usaha restoran Anda, segera daftarkan dengan manfaatkan fitur QRIS dari aplikasi POS Runchise.

Runchise telah menggunakan QRIS dinamis dan sudah terintegrasi POS. Bahkan, Anda tak perlu khawatir mengenai pendaftaran karena akan akan diurus oleh tim Runchise.

Fitur QRIS Runchise dapat menerima pembayaran melalui mobile banking maupun e-wallet. Anda pun bisa melihat report transaksi secara real time dan melakukan monitor dengan mudah.

Tidak hanya itu, Runchise juga siap memberikan bantuan dan troubleshooting secara langsung dengan respon cepat dan tentunya berorientasi solusi.

Tertarik menggunakan aplikasi POS dari Runchise? Yuk, jadwalkan demo gratis terlebih dahulu untuk mengenal kami lebih jauh!

Baca Juga: Mengenal Komponen dan Jenis-Jenis Sistem Pembayaran

Artikel lainnya