Development

Apa itu Akuntabilitas? Pengertian, Prinsip, dan Kunci

December 12, 2023
3 min read

Akuntabilitas adalah istilah yang mengacu pada pertanggungjawaban. Anda akan sering menemukannya dalam manajemen perusahaan maupun bisnis.

Dalam dunia bisnis kuliner, akuntabilitas memegang peran penting pada kualitas dan tanggung jawab, serta transparansi terhadap setiap tindakan yang diambil oleh pelaku bisnis.

Bisnis kuliner yang menerapkan akuntabilitas dengan baik dapat menciptakan lingkungan kerja yang terpercaya, profesional, dan berorientasi pada kepuasan pelanggan.

Yuk, pahami lebih lanjut mengenai apa itu akuntabilitas dan pentingnya dalam dunia bisnis kuliner dalam artikel berikut ini!

Apa itu Akuntabilitas?

Secara umum, akuntabilitas artinya sebuah tanggung jawab yang perlu dilakukan dari sisi jabatan, tugas, dan wewenang.

Suatu bisnis dapat dibilang akuntabel apabila mempunyai kemampuan yang baik untuk menjelaskan tentang kondisi yang dialami, termasuk setiap keputusan dan aktivitas.

Contoh akuntabilitas adalah seseorang yang diberi tanggung jawab untuk mengelola suatu cabang outlet harus bertanggung jawab atas kondisi serta permasalah yang terjadi di sana.

Di samping itu, ia juga harus bertanggung jawab atas perkembangan bisnis pada outlet tersebut, kemudian melaporkannya pada manajer pusat.

Baca Juga: 5 Tips Maksimalkan Keuntungan Bisnis F&B, Yuk Catat!

Fungsi Akuntabilitas

Adapun beberapa fungsi akuntabilitas adalah sebagai berikut:

Menghindari Penyalahgunaan Wewenang

Salah satu penyebab kerugian suatu bisnis kuliner adalah karena adanya penyalahgunaan terhadap dana operasional restoran.

Dalam hal ini, fungsi akuntabilitas adalah mempertanggungjawabkan setiap dana yang digunakan untuk mencegah adanya tindakan korupsi atau penyelewengan.

Tindakan penyelewengan ini akan lebih mudah terdeteksi jika setiap bisnis melakukan audit keuangan secara berkala dan membuat laporan pertanggungjawaban.

Fungsi Pengawasan

Akuntabilitas juga bisa dijadikan sebagai alat pengawas untuk sebuah tugas atau program dari kegiatan bisnis Anda.

Dalam bisnis kuliner, pasti akan ada banyak aktivitas yang terjadi, mulai dari penyediaan stok bahan, produksi, kebutuhan meja, kemasan, dan sebagainya.

Dengan adanya akuntabilitas yang baik, maka pelaku bisnis akan lebih mudah dalam menjalankan evaluasi kerja untuk mencapai kinerja yang lebih baik kedepannya.

Jika berbicara mengenai proses pengawasan dalam bisnis kuliner, maka penggunaan aplikasi POS adalah tips yang diterapkan.

Mengapa begitu? Pasalnya, aplikasi POS (Point of Sales) rata-rata sudah terintegrasi dan memiliki riwayat secara real time terhadap setiap pemasukan, stok barang, dan sebagainya.

Salah satu aplikasi POS yang bisa Anda gunakan sebagai alat akuntabilitas adalah Runchise. Sebagai solusi lengkap manajemen dan franchise & restoran, Runchise dapat memudahkan Anda untuk mengelola seluruh outlet restoran secara efektif.

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Laporan Bisnis Kuliner, Yuk Simak!

Prinsip Akuntabilitas

Prinsip-prinsip akuntabilitas adalah sebagai berikut:

  • Komitmen dari seluruh tim, mulai dari atas hingga anggota untuk mengelola organisasi dengan nilai akuntabel.
  • Akuntabilitas adalah sistem yang menjamin pemanfaatan sumber dana secara konsisten berdasarkan UU yang berlaku.
  • Memiliki orientasi pada visi, misi, manfaat, dan hasil.
  • Menjunjung erat nilai transparansi, kejujuran, objektif, dan inovatif.

Itulah informasi seputar akuntabilitas yang penting untuk dipahami oleh setiap pelaku bisnis. Memahami akuntabilitas adalah salah satu faktor keberhasilan operasional bisnis, lho.

Seperti yang sudah dijelaskan, akuntabilitas erat kaitannya dengan akuntansi atau pengelolaan keuangan. Nah, untuk mendukung Anda mempermudah proses akuntabilitas bagi penyedia franchise, Runchise telah menghadirkan fitur Multi Outlet Management.

Melalui fitur tersebut, Anda dapat melakukan kustomisasi sesuai kebutuhan tiap outlet, mulai dari harga produk hingga aktivitas belanja.

Selain itu, Anda juga bisa mengelompokkan outlet restoran untuk memudahkan pemantauan dan evaluasi berdasarkan lokasi dan pemilik franchise. Dan yang tak kalah penting, akses penggunanya pun fleksibel.

Jika ingin tahu lebih jauh mengenai Runchise, yuk jadwalkan demo gratis dengan tim kami!

Baca Juga: 5 Strategi Menghadapi Persaingan Bisnis Kuliner di Indonesia

Artikel lainnya