F&B Business

4 Tips Mengelola Stok Barang dan Bahan Baku di Bisnis F&B

December 12, 2023
3 min read

Memahami tips mengelola stok barang dan bahan baku cukup penting dalam menjalankan bisnis F&B seperti restoran dan kafe.

Pasalnya, stok barang dan bahan yang dikelola dengan baik dapat menjadi kunci kesuksesan bisnis F&B, khususnya kafe dan restoran. 

Lebih lanjut, pengelolaan stok barang dan bahan baku yang tepat dapat mengurangi biaya operasional dan memaksimalkan keuntungan bisnis.

Agar bisa mengelola inventaris bisnis kafe atau restoran Anda, yuk simak tips mengelola stok barang dan bahan baku di bawah ini!

Tips Mengelola Stok Barang & Bahan Baku di Restoran atau Kafe

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, mengelola stok barang dan bahan baku adalah hal penting dalam menjalankan bisnis restoran atau kafe.

Sebab, tanpa manajemen yang baik, kekurangan stok atau kerugian lainnya bisa saja terjadi.

Untuk mengurangi risiko tersebut, berikut adalah tips mengelola stok barang dan bahan baku pada bisnis restoran atau kafe yang bisa Anda terapkan:

1. Kenali Kategori Persediaan 

Tips mengelola stok barang dan bahan baku pertama adalah mengenali kategori persediaan. Pasalnya, hal ini berperan penting dalam proses pengelolaan stok.

Secara umum, jenis persediaan dibagi menjadi tiga berdasarkan tujuannya, yaitu persediaan untuk dijual, bahan penolong, dan persediaan bagi proses produksi.

Selain itu, berdasarkan cara penyimpanannya, persediaan bahan baku di restoran atau kafe dapat dibagi jadi lima, yakni buah-buahan dan sayur, serta barang chiller, frozen, ataupun gudang.

Terakhir, persediaan untuk bisnis kafe juga bisa dikelompokkan berdasarkan perputaran siklusnya, yakni fast moving atau slow moving.

Dengan memahami klasifikasinya, Anda dapat menjaga kelancaran operasional menjadi lebih baik, sebab proses pengelolaan stok menjadi lebih mudah.

2. Pantau Data Persediaan Melalui Sistem POS

Selanjutnya, tips mengelola stok barang atau bahan baku yang bisa Anda terapkan adalah memantau data persediaan melalui sistem POS.

Secara umum, POS adalah sistem yang digunakan untuk mengelola proses transaksi penjualan suatu usaha.

Salah satu fitur yang tersedia di POS adalah sistem untuk mengelola persediaan. 

Sistem tersebut dapat memberikan analisis mengenai barang atau bahan baku apa yang paling sering digunakan.

Dengan begitu, Anda dapat dengan memantau ketersediaan barang atau bahan baku yang ada.

Nah, salah satu sistem POS yang bisa Anda pertimbangkan adalah solusi restoran dari Runchise. 

Layanan dari Runchise ini menyediakan berbagai macam fitur POS yang mempermudah manajemen restoran atau kafe.

Salah satunya adalah supply chain dan pengadaan barang yang sangat bermanfaat bagi pengelolaan inventory bisnis restoran atau kafe Anda.

Baca Juga: Ini 10 Fitur Sistem POS untuk Restoran yang Bermanfaat

3. Lakukan Perkiraan Penambahan Persediaan

Lewat penerapan tips mengelola stok barang atau bahan baku yang sebelumnya, Anda bisa mulai memperkirakan penambahan persediaan.

Cara mengelola stok barang untuk menerapkan langkah ini adalah dengan menganalisis data penjualan sebelumnya dan menggunakan pola yang ditemukan guna membuat perkiraan di masa depan.

Dengan melakukan perkiraan yang akurat, Anda bisa mengoptimalkan persediaan dan produksi sehingga dapat menghindari kekurangan barang atau bahan baku maupun overstock.

4. Lakukan Pemisahan antara Barang Lama dan Baru

Terakhir, jika Anda memiliki stok lama di gudang, sebaiknya keluarkan barang tersebut sebelum memasukkan yang baru.

Hal ini dilakukan agar barang segera habis dan tidak akan hancur ataupun basi sebelum digunakan.

Itulah beberapa tips mengelola stok barang atau bahan baku yang bisa diterapkan dalam bisnis restoran atau kafe Anda.

Nah, jika setelah membaca tips di atas ketertarikan atas layanan sistem POS Runchise muncul, Anda bisa segera jadwalkan demo gratis untuk memahami fiturnya secara lebih dalam.

Tunggu apa lagi? Yuk, buat manajemen restoran Anda menjadi lebih mudah bersama Runchise!

Artikel lainnya