POS SYSTEM

Sistem POS terbaik untuk Pemilik Bisnis F&B

July 7, 2023
5 min read

Setiap pemilik F&B membutuhkan sistem Point of Sales yang andal untuk mengelola stok bahan baku mereka. Sistem POS berfungsi sebagai penghubung antara mesin kasir dan komputer. Tetapi tidak seperti mesin kasir konvensional di luar sana, sistem POS semakin populer saat ini karena mereka tidak hanya mencatat penjualan. Sebagai gantinya, mereka memberikan data real-time tentang stok, pembukuan keuangan, dan pelanggan restoran.

Bagaimana rata-rata POS untuk restoran bekerja?

Di pusat sistem ini terdapat komputer yang menjalankan perangkat lunak Point of Sales khusus. Ada printer resi yang terhubung ke laci kas, pembaca kartu kredit / debit, dan pemindai barcode yang terhubung ke sistem. Sebagian besar vendor akan menjual sistem POS yang sudah dikonfigurasi sebelumnya, meskipun masih ada opsi untuk terhubung ke lebih banyak periferal saat permintaan meningkat.

Apa yang Anda dapatkan dari laba atas investasi (ROI) Anda?

Keuntungan utama menggunakan sistem Point of Sales adalah karena mereka menyampaikan langsung, hingga penilaian menit pembukuan Anda. Setiap kali pelanggan dilayani, barang yang dijual akan dibukukan dan dikurangi dari daftar stok Anda. Data ini disimpan di hard drive sistem Anda.

Jumlah stok yang Anda tangani mungkin sangat besar, terutama jika Anda terlibat dalam menjalankan jaringan restoran besar dengan aktivitas penjualan yang besar.

Kemudian jika stok Anda terdiri dari ratusan atau bahkan ribuan item, melacak setiap transaksi bisa menjadi tantangan yang nyata. Sekali lagi, memiliki kemampuan untuk secara konsisten menambahkan barang-barang yang sulit ditemukan ke dalam stok Anda dapat dengan cepat memberi Anda keunggulan kompetitif atas pesaing Anda. Tapi bagaimana Anda melakukannya dengan benar?

Jawabannya ada di POS dengan sistem yang bagus yang dapat memberi tahu Anda segera setelah salah satu stok Anda mendekati titik minimum pemesanan ulang. Faktanya, beberapa sistem POS juga dapat memberikan Anda informasi harga terbaru dari barang yang ingin Anda stok ulang serta harga rata-rata yang telah Anda bayarkan untuk barang tersebut. Dengan cara ini, mudah untuk membuat kesepakatan dengan pemasok Anda. Tentu saja seperti pengusaha lainnya, selalu demi kepentingan terbaik Anda untuk mencari dari pemasok termurah yang dapat Anda temukan.

Di luar jam kerja, Anda dapat menjalankan laporan lengkap dari semua aktivitas penjualan yang telah dicatat oleh sistem POS Anda. Anda bahkan dapat melacak stok berdasarkan tahun di mana Anda menyimpan dan menggunakannya. Dengan cara ini, Anda tidak akan kesulitan melacak stok untuk tahun ini dibandingkan tahun lalu.

Kesimpulan

Mengelola stok di restoran Anda adalah salah satu pekerjaan menantang yang dapat Anda lakukan. Namun, dengan bantuan POS yang bagus, pekerjaan ini dapat mempermudah hidup Anda. Sistem Point of Sales modern akan melakukan segalanya untuk Anda terutama menyangkut pengelolaan pecatatan stok dan aktivitas bisnis restoran anda.

Artikel lainnya