Business Tips

Perbedaan QRIS Dinamis dan Statis yang Perlu Dipahami Pebisnis

September 9, 2023
3 mins read

QRIS dinamis adalah salah satu jenis sistem pembayaran QRIS. Namun, belum banyak yang memahami tentang jenis QRIS yang satu ini.

Jika Anda sering menemui model QRIS di mana konsumen harus men-scan barcode dan memasukkan nominal pembelian, itu adalah QRIS statis.

Ya, terdapat dua jenis QRIS, yaitu dinamis dan statis. Jenis statis memang lebih banyak digunakan daripada dinamis. Namun, QRIS dinamis sebenarnya semakin memudahkan konsumen, lho.

QRIS dinamis tidak mengharuskan konsumen untuk memasukkan nominal pembeliannya. lantas, bagaimana cara kerjanya? Yuk, simak selengkapnya di sini.

Apa itu QRIS Dinamis?

QRIS dinamis adalah metode QR payment yang dinilai lebih akurat dan cepat karena barcode yang dikeluarkan sudah memuat nominal pembelian.

Hal ini memungkinkan konsumen untuk tidak perlu memasukkan jumlah uang yang perlu dibayarkan secara mandiri.

QRIS dinamis tidak terpaku dengan satu link saja. Jadi, setiap konsumen/pembeli akan mendapatkan barcode yang berbeda-beda.

Meski memiliki banyak keunggulan, tidak lantas menyebabkan cara membuat QRIS dinamis juga ribet.

Perbedaan QRIS Dinamis dan Statis

Lantas, apa perbedaan QRIS dimana dan statis? Nah, jika QRIS statis sifatnya tetap (hanya menggunakan satu link yang sama) dan pelanggan perlu memasukkan nominal pembelian secara manual.

Karena sifatnya yang tetap, Anda sebagai pemilik bisnis juga lebih sulit untuk melakukan pelacakan statistik penjualan.

Berbeda dengan QRIS dinamis yang memiliki seluruh data dan informasi yang berguna bagi laporan keuangan bisnis restoran Anda.

Baca Juga: Ini 10 Fitur Sistem POS untuk Restoran yang Bermanfaat

Manfaat QRIS Dinamis untuk Bisnis Restoran

Adapun beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan berkat penggunaan QRIS dinamis adalah sebagai berikut:

1. Lebih Cepat dan Aman

Pada QRIS dinamis, pembeli tidak perlu memasukkan nominal pembelian karena penjual akan memasukkan nominal melalui POS kemudian di-export menjadi kode QRIS sehingga proses transaksi lebih cepat.

Selain membuat transaksi lebih cepat, model QRIS ini juga bisa membantu mencegah pembeli tidak memasukkan pembayaran sesuai nominal harga.

2. Dilengkapi Statistik Penjualan

Keunggulan QRIS dinamis berikutnya adalah sudah dilengkapi dengan data statistik penjualan, sehingga Anda lebih mudah melacak transaksi restoran.

Jika Anda ingin melihat rekapitulasi jurnal atau melakukan pembukuan sederhana, maka model QRIS ini akan membantu menunjukkan waktu, lokasi, serta nominal transaksi.

3. Mendukung Perkembangan Bisnis

Dengan adanya layanan yang lebih cepat berkat QRIS dinamis, maka hal ini tentunya juga berpengaruh pada perkembangan bisnis.

Semakin Anda memberikan pelayanan yang baik dan memudahkan konsumen, maka dapat meningkatkan potensi mereka kembali lagi ke restoran Anda.

Pasalnya, kemudahan transaksi dalam suatu restoran pun bisa berpengaruh besar terhadap kepuasan pelanggan, lho.

Itulah penjelasan mengenai apa itu QRIS dinamis dan bedanya dengan statis yang perlu dipahami oleh para pebisnis.

Nah, setelah melihat penjelasan di atas, apakah kini Anda ingin mengimplementasikan QRIS dinamis di bisnis restoran Anda?

Jika iya, maka Anda tidak perlu repot lagi, manfaatkan saja fitur QRIS dari aplikasi POS Runchise.

Yup, Runchise menawarkan fitur QRIS dinamis yang telah terintegrasi dengan POS (Point of Sales).

Anda tidak perlu mengurus pendaftaran, karena semuanya akan diurus oleh tim Runchise. 

Melalui fitur QRIS dari Runchise, Anda pun bisa melihat report transaksi secara real time dan melakukan monitor dengan mudah. Bahkan, proses settlement juga dilakukan secara otomatis, termasuk di hari libur.

Penasaran tentang fitur kami? Yuk, jadwalkan demo dan jangan ragu mengembangkan bisnis Anda bersama Runchise!

Baca Juga: Mengenal Manfaat Aplikasi POS untuk Kemudahan Bisnis

Artikel lainnya