Supply Chain Management

Apa itu Supply Chain Management & Pentingnya bagi Restoran

December 12, 2023
5 min read

Supply chain management adalah salah satu aspek penting dalam dunia bisnis, termasuk bagi Anda yang bergerak di bidang f&b.

Sebab dengan supply chain management, pelayanan konsumen dapat lebih efektif dan efisien.

Lantas, apakah Anda sudah mengetahui apa itu supply chain management?

Jika belum, berikut Runchise sajikan uraian lengkapnya, mulai dari apa itu supply chain management dan mengapa proses tersebut penting dalam menjalankan usaha restoran. Yuk, simak!

Apa itu Supply Chain Management?

Supply chain management adalah serangkaian aktivitas pengelolaan dan pengawasan rantai pasokan arus produk, mulai dari perolehan bahan material hingga proses distribusi sampai ke tangan konsumen.

Fokus yang ingin dicapai supply chain management adalah penerapan rantai pasokan agar dapat berjalan secara efisien dan ekonomis untuk mengantisipasi kerugian serta meningkatkan nilai siklus.

Hal ini berarti keseluruhan aliran proses akan diawasi agar berjalan dengan jumlah, waktu, dan tepat yang tepat. Alhasil, tercapailah biaya yang minimum dengan tingkat pelayanan maksimum.

Pentingnya Supply Chain Management bagi Restoran

Supply chain management adalah hal yang penting dalam dunia bisnis, termasuk usaha restoran.

Hal ini karena penerapannya akan meningkatkan kegiatan operasional menjadi lebih efektif dan efisien.

Dalam industri makanan, proses supply chain management mencakup pengadaan dan pengiriman bahan mentah dari produsen kepada perusahaan, tahap produksi menjadi produk akhir, pendistribusian, serta penjualan barang hingga sampai ke konsumen.

Jadi, restoran tentu memerlukan pengawasan dan pencatatan proses pengelolaan produksi dari awal hingga akhir.

Masalahnya, metode pencatatan konvensional merupakan cara yang tidak efektif, efisien, dan terstruktur.

Pada restoran yang belum memiliki efisiensi pengelolaan, acap kali terdapat kesalahan dalam hal perhitungan serta pencatatan karena sistem tidak secara otomatis menghitung dan mencatat data.

Akibatnya, terjadi proses perhitungan biaya yang salah, kekurangan stok bahan mentah, sampai adanya kekeliruan pemesanan.

Selain itu, pimpinan atau manajer juga akhirnya sulit mengawasi dan mengetahui arus kas pengeluaran dari restoran tersebut.

Nah, fungsi supply chain management adalah restoran dapat secara otomatis, terintegrasi, dan efisien melakukan pencatatan stok bahan baku, pemesanan menu, hingga pembayaran.

Menurut penelitian, restoran yang menerapkan supply chain management terbukti bisa mengintegrasikan semua proses pengelolaan dengan baik. Alhasil, kesalahan pun dapat diantisipasi.

Selain itu, tujuan supply chain management adalah:

• Memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen sehingga tingkat kepuasannya meningkat

• Mengeluarkan biaya minimum untuk hasil dan tingkat pelayanan maksimum

• Memenangkan kompetisi pasar karena pengelolaan restoran yang efisien dan berkualitas

• Menghasilkan lebih banyak profit

Demikian uraian lengkap yang bisa Runchise sajikan mengenai pengertian dan pentingnya supply chain management bagi pengelolaan bisnis restoran.

Dari sini, dapat disimpulkan bahwa supply chain management adalah serangkaian aktivitas pengelolaan bisnis dari mulai proses produksi hingga pendistribusian barang secara optimal, sehingga prosedurnya penting untuk dipahami pemilik usaha.

Jika Anda masih kebingungan mengenai pengelolaan supply chain, jangan khawatir, Runchise bisa menjadi solusinya!

Runchise merupakan penyedia sistem manajemen restoran dan franchise terintegrasi yang bermanfaat untuk meningkatkan efisiensi operasional bisnis agar dapat untung maksimal.

Nah, salah satu produk dari Runchise adalah supply chain management.

Dengan supply chain management dari Runchise, segala aktivitas bisnis dapat dilakukan secara terpusat lewat satu platform online.

Yuk, jadwalkan demo secara gratis sekarang juga dengan tim Runchise untuk mempelajari lebih lanjut!

Baca juga: Sistem POS terbaik untuk Pemilik Bisnis F&B

Artikel lainnya