Business Tips

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Waralaba? Simak di Sini!

July 12, 2023
3 min read

Bisnis waralaba adalah model bisnis yang saat ini semakin banyak diminati. Namun, sudahkah Anda tahu bagaimana cara kerja bisnis waralaba?

Terkadang, kendala seseorang dalam membangun bisnis tidak hanya di modal, tetapi juga ide, sumber data, dan strategi promosi yang digunakan.

Nah, bisnis waralaba adalah solusi bagi calon pelaku bisnis pemula yang ingin memulai dan belajar membangun bisnis dengan cara lebih praktis.

Lantas, apa keuntungan yang bisa didapatkan dengan mengambil usaha waralaba? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Waralaba?

Model bisnis ini dilakukan dengan cara pemilik brand memberikan/menjual hak pada orang lain untuk menjalankan usahanya dengan kesepakatan bersama.

Pihak yang membeli hak jualan tersebut akan dikenakan biaya (sesuai kesepakatan) untuk mendapatkan hak usahanya dari pewaralaba.

Lantas, bagaimana cara membuka bisnis waralaba Beberapa tips yang perlu Anda perhatikan sebelum memulai usaha waralaba adalah sebagai berikut:

  1. Menentukan bidang bisnis yang disukai dan dikuasai.
  2. Menjadikan keterampilan utama sebagai peluang usaha waralaba.
  3. Mencoba mengikuti tren dalam masyarakat.
  4. Melakukan riset pasar dan mengukur peluang waralaba.
  5. Menyusun rencana bisnis.
  6. Menyiapkan modal.
  7. Meninjau dan menandatangani perjanjian waralaba.
  8. Memperhatikan dan mematuhi persyaratan dan aturan bisnis.

Baca Juga: Mengenal Manfaat Aplikasi Pos untuk Kemudahan Bisnis

Kekurangan Bisnis Waralaba

Meski bisa memberikan keuntungan besar, namun beberapa kekurangan usaha waralaba yang mungkin perlu Anda pertimbangkan adalah:

  • Kurang memiliki kendali terhadap bisnis sendiri, karena kendali penuh berada di pusat waralaba.
  • Bisnis waralaba umumnya mengikuti tren tertentu, di mana ketika perilaku masyarakat sudah berubah, maka akan berdampak pada bisnis.
  • Saling bergantung dengan reputasi pemilik waralaba lainnya. Jadi, satu bisnis bisa berdampak ke bisnis lainnya, karena masih satu merek.
  • Terkadang, pembeli waralaba (terwaralaba) harus membayar royalti kepada penjual waralaba (pewaralaba).

Keuntungan Bisnis Waralaba

Sementara itu, beberapa keuntungan yang membuat usaha waralaba layak untuk dipertimbangkan, antara lain:

1. Manajemen Bisnis Lebih Terstruktur

Manajemen bisnis dalam waralaba umumnya sudah siap dan matang, sehingga pihak terwaralaba tidak harus menyusun strategi manajemen lagi.

Selain tidak harus membuat manajemen bisnis dari nol, Anda juga bisa melanjutkan strategi yang sudah dijalankan oleh pewaralaba. Jadi, tidak perlu bingung lagi!

Baca Juga: 5 Strategi Menghadapi Persaingan Bisnis Kuliner di Indonesia

2. Brand Sudah Banyak Diketahui

Usaha waralaba cenderung sudah diketahui. Ya, misalnya Anda membeli waralaba Mixue, maka bisnis Anda sudah pasti dikenal oleh orang lain, tanpa harus bersusah payah membangun brand awareness.

3. Manajemen Finansial Lebih Mudah

Jika membuka usaha waralaba, sistem finansial telah ditetapkan oleh terwaralaba utama, sehingga pewaralaba tidak harus pusing membangun finansial bisnis dari baru lagi.

4. Peluang Sukses Lebih Besar

Usaha waralaba tertentu, misalnya McD telah memiliki target pasar yang tetap. Dengan adanya loyalitas pelanggan pada brand ini akan membuat Anda lebih mudah mendapatkan customer dan balik modal.

5. Lebih Mudah Mendapatkan Pasokan Barang

Melalui sistem waralaba, pebisnis tidak perlu bingung memikirkan pasokan bahan baku atau pemasaran, karena semua hal ini sudah didukung oleh pihak pewaralaba utama.

Selain itu, guna lebih mempermudah manajemen stok barang dalam bisnis waralaba, Anda dapat memanfaatkan solusi franchise dari Runchise.

Runchise telah menghadirkan fitur Supply Chain Management yang memudahkan Anda mengontrol stok bahan baku berdasarkan kebutuhan, sehingga bisa mengurangi risiko cacat atau terbuang.

Melalui sistem operasional yang terstruktur, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk lebih fokus pada pengembangan bisnis kedepannya.

Apabila ingin tahu lebih lanjut tentang fitur ini, Anda dapat membuat jadwal demo gratis dengan tim kami. Yuk, kembangkan usaha bersama Runchise!

Baca Juga: 5 Tips Bisnis Franchise untuk Kembangkan Usaha & Keuntungan

Artikel lainnya