F&B Business

Sistem Pembayaran Digital yang Harus Ada di Restoran Anda!

October 26, 2023
3 mins read

Pada era digital saat ini, semua ranah bisnis, tak terkecuali bisnis restoran, kini sudah banyak yang menggunakan sistem pembayaran digital.

Sistem pembayaran digital adalah suatu proses transaksi yang dilakukan menggunakan metode digital atau cashless, seperti transfer bank atau melalui e-wallet.

Kehadiran teknologi ini tentunya dapat membuat proses transaksi di restoran menjadi lebih cepat, efisien, dan membuat pelanggan lebih nyaman.

Mari ketahui apa saja komponen-komponen dalam sistem pembayaran digital yang saat ini tersedia di Indonesia dalam artikel berikut.

Komponen Sistem Pembayaran Digital

Seiring dengan perkembangan teknologi dalam dunia finansial, maka sistem pembayaran pun juga semakin beragam.

Mengapa pelaku bisnis restoran perlu memahami hal ini? Karena, dengan mengetahui berbagai jenis sistem pembayaran, Anda pun bisa menyediakan kebutuhan pelanggan akan kemudahan transaksi, terutama secara cashless.

Berikut adalah jenis-jenis sistem pembayaran digital yang saat ini sudah banyak dipergunakan di Indonesia.

1. E-Wallet

Dompet digital atau e-wallet adalah suatu platform di mana Anda dapat menyimpan uang elektronik (e-money) atau uang tunai dalam bentuk digital.

Biasanya, para pelanggan memindahkan uangnya ke dompet digital agar memudahkan mereka dalam bertransaksi atau untuk mendapatkan diskon khusus.

Memindahkan dana ke dompet digital bisa dilakukan dengan cara top up dari bank atau dari minimarket.

Ada banyak jenis dompet digital yang sudah resmi digunakan di Indonesia. Sebaiknya, pastikan restoran Anda bisa menerima pembayaran dari berbagai jenis e-wallet, ya.

2. Kartu

Kartu atau card payment adalah sistem pembayaran digital yang menggunakan kartu kredit ataupun kartu debit untuk melakukan transaksi.

Cara kerja sistem pembayaran digital ini dengan cara memasukkan kartu kredit atau debit ke dalam pembaca kartu (mesin EDC).

Baca Juga: Tips Meningkatkan Pelayanan Customer dengan QR Payment

3. Internet/Mobile Banking

Internet banking adalah layanan bank berbasis website yang bisa diakses secara online dengan sambungan internet.

Sementara itu, mobile banking adalah layanan perbankan yang dapat diakses dengan mengunduh aplikasi selular bank.

Rata-rata bank di Indonesia kini sudah menyediakan layanan internet/mobile banking, sehingga masyarakat pun lebih mudah dalam melakukan transaksi.

4. QR Code

Sistem pembayaran digital yang terakhir dan paling baru adalah QR code. Di Indonesia, sistem ini dikenal juga dengan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard).

QRIS biasanya berupa kertas dengan bentuk barcode tertentu. Di mana, pelanggan bisa melakukan transaksi dengan cara memindai kode tersebut.

Sistem pembayaran digital yang satu ini dinilai cukup efisien karena kemudahan dan kecepatannya. Bahkan, QRIS bisa menerima pembayaran dari seluruh sumber, baik itu e-wallet maupun bank.

Itulah sebabnya, saat ini sudah banyak penjual yang menyediakan layanan pembayaran QRIS sehingga pelanggan bisa memilih berbagai macam pembayaran sesuai preferensinya.

Keuntungan lain bagi restoran yang menyediakan QRIS adalah mencegah penipuan uang palsu, membuat meja kasir lebih modern, serta memudahkan Anda dalam memantau transaksi secara real-time.

Nah, bagi Anda yang ingin meningkatkan kemudahan transaksi bagi pelanggan restoran, gunakan saja sistem operasional Runchise yang sudah dilengkapi dengan fitur QRIS.

Runchise menggunakan QRIS dinamis yang sudah terintegrasi dengan POS, sehingga Anda dapat memantau transaksi secara real-time.

Praktis, semua proses pendaftaran akan diurus oleh tim Runchise. Tidak hanya itu, Runchise juga siap memberikan bantuan dan troubleshooting secara langsung dengan respon cepat dan tentunya berorientasi solusi.

Tertarik menggunakan sistem operasional Runchise? Yuk, jadwalkan demo gratis terlebih dahulu untuk mengenal kami lebih jauh!

Baca Juga: Ketahui Syarat Daftar QRIS dan Keuntungannya bagi Restoran

Artikel lainnya