F&B Business

7 Contoh Action Plan Restoran untuk Tingkatkan Penjualan

October 17, 2023
3 mins read

Mengingat bahwa konsumen memiliki sangat banyak pilihan restoran yang bertebaran, maka penting untuk menerapkan contoh action plan restoran yang baik agar konsumen mau melirik resto Anda.

Pada dasarnya, action plan adalah tindakan yang akan Anda lakukan agar tujuan bisnis restoran Anda tercapai.

Kita semua tahu, persaingan bisnis kuliner cukup sengit, mengingat bahwa jumlahnya sudah cukup banyak. Di samping itu, jenis makanan yang dijual juga sangat bervariasi.

Itulah sebabnya, Anda membutuhkan action plan yang baik agar bisa bertahan di tengah sengitnya persaingan bisnis kuliner.

Yuk, simak ulasan di bawah ini untuk tahu lebih banyak tentang contoh action plan bisnis restoran!

Contoh Action Plan Restoran untuk Meningkatkan Penjualan

Dalam cara membuat action plan restoran, Anda dapat menyesuaikan dengan target pasar, konsep, serta tujuan bisnis Anda.

Namun secara umum, berikut ini adalah beberapa contoh action plan restoran yang dapat membantu meningkatkan penjualan pada bisnis Anda.

1. Melakukan Analisis secara Berkala

Contoh action plan restoran yang pertama adalah melakukan analisis secara berkala untuk mengetahui kapan waktu ketika restoran sepi.

Berdasarkan hasil pengamatan tersebut, maka Anda perlu melakukan riset terkait dengan penyebab serta strategi untuk mendatangkan lebih banyak pembeli.

2. Update Menu secara Rutin

Jika Anda menyediakan daftar menu yang bisa diakses secara online, maka jangan lupa untuk melakukan update ketika ada perubahan harga atau jenis menu.

Pasalnya, konsumen sering kali melihat daftar menu secara online, baik melalui aplikasi, media sosial, atau website untuk memastikan apa saja menu yang ditawarkan.

Nah, oleh karena itu, jangan sampai menu yang tertera pada platform online berbeda dengan menu sebenarnya di restoran, ya.

Baca Juga: 5 Panduan Manajemen Restoran agar Bisnis Berjalan Lancar

3. Memberikan Pelatihan pada Karyawan

Kemudian, Anda juga bisa memberikan pelatihan pada karyawan jika diperlukan. Kemampuan komunikasi yang baik dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, lho.

Jika pelanggan puas, maka besar kemungkinannya ia kembali ke restoran Anda. Dengan begitu, penjualan akan terus naik, bukan?

4. Menaikkan Harga Menu

Seiring berjalannya waktu, tidak ada salahnya untuk menaikkan harga menu. Namun, jangan sampai terlalu signifikan agar pelanggan tidak menjauh.

Jadi, diperlukan strategi yang benar-benar matang agar Anda bisa untung tanpa berisiko menjauhkan pelanggan.

5. Melayani dengan Waktu Singkat

Salah satu contoh action plan restoran yang tak kalah penting untuk diterapkan adalah memberikan layanan cepat bagi para pelanggan.

Seperti yang kita tahu, pelayanan yang lambat cenderung akan mengurangi kepuasan pelanggan. Akibatnya, mereka enggan untuk kembali lagi ke restoran Anda.

Jadi, buat standar atau strategi yang baik agar restoran Anda bisa memberikan pelayanan yang cepat namun tetap dengan kualitas terbaik.

Baca Juga: Pentingnya SOP (Standar Operasional Prosedur) Restoran & Contohnya

6. Mempertahankan Pelanggan

Bagaimana cara mempertahan pelanggan agar bisa kembali lagi ke restoran Anda? Salah satunya dengan memiliki kontak mereka.

Hal ini bisa dilakukan dengan memasukkan nomor HP atau email untuk memberikan review. Sehingga, Anda dapat memiliki informasi tentang setiap pelanggan.

Nah, jika sudah mengantongi data pelanggan, Anda bisa terus menjaga hubungan dengan baik. Misalnya, memberikan pesan promo restoran ke email atau nomor pelanggan.

7. Meletakkan QR Menu di Meja

Memanfaatkan teknologi QR menu makanan dapat membantu Anda untuk meningkatkan penjualan. Mengapa? Pasalnya, strategi ini bisa mendukung kepuasan pelanggan, lho.

Dengan menggunakan QR menu, pelanggan bisa langsung memesan makanan dari meja, bahkan membayarnya secara langsung melalui aplikasi.

Nah, jika ingin menerapkannya, Anda dapat menggunakan sistem Runchise yang sudah dilengkapi dengan fitur QR Dine In.

Ingin tahu lebih lanjut tentang fitur kami? Yuk,  jadwalkan demo dengan tim Runchise secara gratis!

Baca Juga: Pentingnya Aplikasi Kasir Restoran Terintegrasi pada Bisnis F&B

Artikel lainnya