F&B Business

Langkah Analisis Peluang Pasar untuk Bisnis Restoran

October 26, 2023
3 mins read

Sebelum membuka bisnis kuliner, Anda perlu melakukan analisis peluang pasar terlebih dahulu untuk menentukan strategi yang tepat dalam mengelolanya.

Dengan adanya data yang berkualitas dari hasil analisis, maka Anda pun dapat mengembangkan strategi pemasaran produk yang relevan dan tentunya tepat sasaran.

Lantas, bagaimana analisis peluang pasar dilakukan? Mari simak penjelasan selengkapnya dalam ulasan di bawah ini.

Langkah Analisis Peluang Pasar untuk Bisnis Restoran

Analisis peluang pasar merupakan proses penting dalam memahami potensi serta persepsi bisnis yang baru buka.

Dalam menjalankan analisis peluang pasar bagi bisnis restoran, berikut adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan oleh pemilik bisnis restoran.

1. Analisis Produk

Terkadang, beberapa orang memiliki idealis terkait dengan produk yang akan ditawarkan kepada para konsumen, namun tidak sesuai dengan selera pasar.

Hal tersebut tentu akan berdampak pada terhambatnya perkembangan bisnis. Jadi, penting untuk melakukan analisis mengenai makanan/minuman yang disukai oleh target pasar Anda.

Anda bisa melakukan analisis melalui kompetitor, misalnya dengan mencari tahu jenis menu apa yang paling disukai oleh konsumen mereka.

Apabila Anda sudah mengetahui apa yang disukai oleh target pasar Anda, maka segera tentukan menu paling cocok untuk menarik perhatian para konsumen.

Contoh target pasar Anda anak muda, maka cobalah menciptakan menu yang sekiranya sedang tren di kalangan anak muda, misalnya makanan pedas.

2. Analisis Harga

Langkah analisis peluang pasar yang tak kalah penting adalah harga. Dalam hal ini, pastikan Anda telah memasang harga jual yang kompetitif.

Harga jual yang Anda tawarkan sebaiknya tidak jauh lebih mahal daripada kompetitor. Karenanya, untuk memastikan hal itu diperlukan analisis.

Tenang, menentukan harga jual sebenarnya tidak sulit. Yang terpenting, Anda menghitung total biaya produksi yang sudah dikeluarkan sehingga tidak berisiko mengalami kerugian saat memasang harga lebih murah.

Baca Juga: Contoh Perencanaan Bisnis Makanan dan Tahap Pembuatannya

3. Analisis Kompetitor

Analisis kompetitor dimaksudkan untuk membaca strategi yang dijalankan oleh para kompetitor. Pertama-tama, buatlah daftar restoran yang menjadi kompetitor Anda terlebih dahulu.

Kemudian, Anda bisa melakukan analisis SWOT pada masing-masing restoran. Dengan begitu, Anda bisa melihat apa saja kekuatan dan kelemahan mereka.

Kumpulkan apa saja kelemahan kompetitor, kemudian manfaatkan hal tersebut sebagai keunggulan restoran Anda.

4. Analisis Konsumen

Analisis peluang pasar yang perlu dilakukan berikutnya adalah terkait konsumen. Analisis ini bertujuan untuk mengetahui siapa saja orang yang bisa Anda jadikan target.

Analisis konsumen bisa dilakukan dengan membuat segmentasi pasar, yakni memetakan kelompok konsumen sesuai karakteristiknya.

Dalam proses riset pasar ini, Anda bisa memasukkan karakteristik konsumen yang cocok dengan produk yang Anda jual.

Tujuan riset pasar adalah menentukan target yang sesuai, selanjutnya Anda pun dapat mencari lokasi yang strategis untuk menjangkau lebih banyak target pasar.

Kemudian lakukan juga riset mengenai perilaku konsumen yang menjadi target pasar Anda. Misalnya, jika target pasar mahasiswa maka restoran Anda akan ramai saat malam hari atau di akhir pekan.

Itulah penjelasan mengenai beberapa contoh analisis peluang pasar yang penting untuk Anda terapkan sebagai pemilik restoran.

Namun, perlu diingat bahwa analisis pasar ini sebaiknya dilakukan secara berkala, agar Anda bisa mengetahui perubahan tren maupun perilaku konsumen.

Nah, bila ingin lebih mudah dalam melakukan analisis konsumen, Anda dapat memanfaatkan layanan Online Ordering System dari Runchise.

Layanan tersebut memungkinkan restoran memiliki platform delivery online berbasis website secara khusus menggunakan brand bisnis Anda.

Layanan ini memiliki beberapa kelebihan, seperti database collection yang memungkinkan Anda melakukan promosi lebih personal dengan data pelanggan serta membantu menganalisa perilaku dan preferensi pelanggan.

Dengan memahami perilaku pelanggan, maka Anda dapat memberikan pelayanan lebih sesuai dan meningkatkan loyalitas mereka.

Tertarik? Yuk, jadwalkan demo sekarang dan kembangkan bisnis restoran Anda bersama Runchise!

Baca Juga: Aplikasi POS Restoran, Mengapa Kegunaannya Cukup Penting?

Artikel lainnya