F&B Business

Mengenal 5 Jenis Layanan Restoran yang Perlu Anda Ketahui

February 15, 2024
3 min read

Restoran menawarkan lebih dari sekadar hidangan lezat. Pengalaman bersantap yang tak terlupakan juga dipengaruhi oleh jenis layanan yang disediakan. Setiap restoran memiliki gaya dan filosofinya sendiri dalam melayani tamu, menciptakan variasi untuk setiap pelanggan supaya bisa mendapatkan pengalaman bersantap yang unik, berkesan dan pembeda antar restoran lainnya.

Memberikan pengalaman bersantap yang baik bagi pelanggan bukan lagi pilihan, melainkan sebuah keharusan. Restoran yang mampu menciptakan pengalaman yang positif dan berkesan akan lebih unggul dalam menarik dan mempertahankan pelanggan.

Jenis-jenis layanan restoran yang wajib kamu terapkan dalam bisnis kuliner

Memberikan layanan bagi pelanggan dan mampu membuat mereka berkesan adalah investasi yang penting bagi kesuksesan restoran Anda. Dengan memberikan layanan yang berkualitas dan menciptakan suasana yang menyenangkan, Anda dapat menarik dan mempertahankan pelanggan, meningkatkan reputasi restoran, dan meningkatkan keuntungan. Oleh karena itu, berikut beberapa jenis-jenis layanan restoran yang Anda harus tahu.

1. Table Service

Layanan klasik ini menawarkan pengalaman bersantap yang personal. Pelayan akan menyambut, mengantar ke meja, menjelaskan menu, membantu pemesanan, dan melayani makanan dan minuman. Cocok untuk menikmati hidangan spesial bersama keluarga atau kolega.

2. Counter Service

Restoran dengan layanan counter service menawarkan proses pemesanan dan pengambilan makanan yang lebih cepat dan praktis. Tamu memesan dan membayar di counter, kemudian mengambil makanan yang sudah siap. Cocok untuk pilihan makan cepat dan santai.

3. Buffet Service

Pilihan ideal untuk menikmati variasi hidangan dalam satu waktu. Tamu bebas memilih berbagai hidangan yang tersedia di buffet dan mengambilnya sendiri. Cocok untuk acara makan besar, seperti pernikahan atau reuni.

4. Family Style Service

Layanan ini menawarkan hidangan yang disajikan dalam porsi besar untuk dibagikan bersama anggota keluarga atau teman. Cocok untuk menciptakan suasana kebersamaan dan kehangatan.

5. Room Service

Layanan yang tersedia di hotel atau resort, memungkinkan tamu memesan makanan dan minuman ke kamar mereka. Cocok untuk menikmati hidangan dalam privasi dan kenyamanan kamar.

6. Makan Malam Santai

Restoran makan malam santai menawarkan suasana yang lebih santai dan pengalaman bersantap yang lebih lama daripada jenis restoran lain. Tamu biasanya duduk di meja dan pelayan mengambil pesanan mereka, mengantarkan makanan dan minuman, dan membersihkan meja.

7. Makan Malam Kelas Atas

Restoran kelas atas menawarkan pengalaman bersantap paling mewah. Tamu biasanya duduk di meja dan pelayan yang berpakaian rapi mengambil pesanan mereka, mengantarkan makanan dan minuman, dan membersihkan meja. Kode berpakaian sering kali diperlukan untuk restoran kelas atas.

Selain jenis layanan ini, ada juga banyak restoran hibrida yang menggabungkan elemen dari dua atau lebih jenis layanan. Misalnya, beberapa restoran menawarkan layanan meja dan layanan konter, sementara yang lain menawarkan layanan cepat saji dan layanan kasual cepat.

Jenis layanan yang terbaik untuk restoran tergantung pada berbagai faktor, termasuk jenis makanan yang disajikan, suasana yang ingin diciptakan oleh restoran, dan target pasar restoran.

Memilih jenis layanan restoran yang tepat dapat meningkatkan kepuasan dan kenyamanan pelanggan saat bersantap. Pertimbangkan preferensi pribadi, suasana yang diinginkan, dan jenis hidangan yang ingin dinikmati untuk menemukan pengalaman bersantap yang optimal.

Anda juga sebaiknya memperhatikan informasi tentang jenis layanan di website atau media sosial restoran sebelum membangun bisnis, sehingga restoran yang Anda bangun, sesuai dengan konsep yang memang diinginkan. 

Jika Anda tertarik untuk menjalankan operasional berdasarkan salah satu metode dan jenis layanan restoran di atas, maka Runchise bisa menjadi jawabannya. Segera jadwalkan demo perusahaan Anda bersama Runchise di sini.

Artikel lainnya