F&B Business

Mengenal Sistem Manajemen Rantai Pasokan dalam Restoran

August 23, 2023
3 mins read

Manajemen rantai pasokan adalah hal penting yang perlu diperhatikan dalam dunia bisnis F&B, baik itu dalam bentuk restoran maupun franchise.

Mengapa begitu? Ya, hal ini dikarenakan penerapan manajemen rantai pasokan akan berpengaruh pada efektifitas dan efisiensi kegiatan operasional bisnis.

Dalam bisnis F&B, proses manajemen rantai pasokan atau supply chain management (SCM) ini mencakup pengadaan bahan mentah, produksi, hingga penjualan/pengiriman.

Jadi, penting bagi setiap restoran untuk mengawasi dan merekap setiap proses pengelolaan produksi dari awal hingga akhir.

Maka dari itu, yuk pahami lebih lanjut mengenai sistem hingga strategi manajemen rantai pasokan dalam artikel berikut ini.

Apa itu Manajemen Rantai Pasokan?

Manajemen rantai pasokan atau supply chain management adalah kegiatan pengelolaan dan pengawasan rantai pasokan arus produk.

Kegiatan supply chain management dilakukan mulai dari perencanaan, pengadaan bahan baku, proses produksi, hingga pengiriman pesanan.

Implementasi supply chain management bertujuan untuk memastikan bahwa permintaan konsumen bisa tercukupi dan mengintegrasikan kebutuhan bisnis.

Pengawasan supply chain management juga bertujuan untuk mengantisipasi kerugian, mencapai biaya minimum, namun dengan tingkat pelayanan maksimum.

Baca Juga: 7 Strategi Pemasaran Produk yang Efektif Tingkatkan Penjualan

Sistem Manajemen Rantai Pasokan

Terdapat tiga komponen utama dalam manajemen rantai pasokan atau supply chain management, di antaranya sebagai berikut:

  1. Upstream Supply Chain Management: Proses ketika perusahaan mendapatkan suplai dari luar perusahaan berupa bahan mentah untuk memulai produksi.
  2. Internal Supply Chain Management: Proses ketika bahan baku yang sudah diterima diproduksi menjadi bahan jadi.
  3. Downstream Supply Chain Management: Proses pengiriman produk yang sudah jadi kepada konsumen. Proses ini biasanya dilakukan langsung oleh bisnis, tanpa adanya tangan ketiga atau vendor.

Baca Juga: Mengenal Manfaat Aplikasi Pos untuk Kemudahan Bisnis

Strategi Manajemen Rantai Pasokan

Beberapa strategi yang bisa dilakukan agar proses supply chain management berjalan lancar adalah sebagai berikut.

1. Membangun Hubungan Baik dengan Supplier

Strategi yang pertama adalah membangun hubungan baik dengan supplier, terlebih jika Anda sudah menemukan supplier dengan kualitas bagus dan harga terjangkau.

Salah satu caranya yaitu dengan fokus pada satu supplier yang Anda anggap paling menguntungkan. Hubungan mitra yang baik bisa mendukung proses rantai pasokan lainnya.

2. Fokus Meningkatkan Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan

Berikutnya, Anda perlu fokus dalam meningkatkan pelayanan dan kepuasaan pelanggan. Dengan begitu, rantai pasokan tidak akan macet.

Jika merasa puas, konsumen akan cenderung melakukan pembelian ulang. Alhasil, restoran Anda akan mendapatkan lebih banyak profit.

3. Gunakan Dukungan Sistem yang Baik

Strategi berikutnya adalah memilih sistem yang baik agar proses supply chain management juga bisa berjalan secara efektif.

Hal ini berguna untuk memastikan bahwa stok bahan baku dan bahan pendukung lainnya sesuai dengan permintaan konsumen.

Melalui penerapan manajemen rantai pasokan yang baik, perusahaan dapat meningkatkan brand-nya dan daya saing di mata kompetitor.

Jika proses operasional berjalan lancar sampai ke tangan pelanggan, maka hal ini juga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan.

Masalahnya, metode pencatatan konvensional sudah tidak efektif lagi. Kini, saatnya Anda meningkatkan efisiensi proses supply chain management melalui satu aplikasi.

Ya, dengan menggunakan aplikasi POS Runchise, Anda bisa mencapai standarisasi manajemen pengadaan dengan transparansi dan visibilitas yang lebih baik.

Punya banyak cabang outlet dan franchise? Jangan khawatir, semua proses bisa dilakukan secara terpusat dan online dari aplikasi Runchise, mulai dari pemesanan, pengiriman, hingga penerimaan barang oleh konsumen.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, jadwalkan demo dengan tim kami dan bersiap untuk kembangkan bisnis bersama Runchise!

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Laporan Bisnis Kuliner, Yuk Simak!

Artikel lainnya