POS SYSTEM

4 Perbedaan Mesin POS dan Cash Register dalam Dunia Bisnis

July 7, 2023
3 min read

Salah satu perbedaan mesin POS dan cash register adalah sistem pengelolaan keuangannya.

Mesin POS (Point Of Sales) merupakan sistem komputer yang dirancang untuk memudahkan proses transaksi dan pengelolaan keuangan.

Cara kerja mesin POS umumnya hampir sama dengan cash register, tetapi penggunaannya cenderung lebih efisien berkat kemajuan teknologi.

Lantas, apa saja perbedaan mesin POS dan cash register sebagai pengelola keuangan penjualan? Yuk, cari tahu jawabannya dalam artikel ini.

Perbedaan Mesin POS dan Cash Register

Secara umum, mesin POS atau Point Of Sales dan cash register memiliki fungsi untuk merekam penjualan. Meskipun fungsinya sama, keduanya memiliki banyak perbedaan.

Berikut ini adalah perbedaan mesin POS dan cash register.

1. Teknologi yang Diterapkan

Perbedaan mesin POS dan cash register yang pertama adalah penggunaan teknologi. Mesin pos menggunakan teknologi komputer dengan perpaduan antara software dan hardware.

Lain halnya dengan cash register yang belum terkomputerisasi, sehingga cara kerjanya masih manual.

2. Cara Penggunaan

Perbedaan POS system dan cash register berikutnya adalah cara kerjanya. Penggunaan mesin kasir masih manual, sehingga karyawan perlu menginput data transaksi satu per satu.

Berbeda dengan mesin POS yang memiliki fitur canggih, sehingga data penjualan, stock barang, hingga laju keuangan dapat dilacak langsung oleh sistem. 

3. Fitur yang Tersedia

Ketersediaan fitur adalah salah satu perbedaan mesin POS dan cash register. Ya, mesin pos memiliki fitur yang lebih lengkap dibandingkan dengan cash register.

Kelengkapan fitur meliputi timbangan digital, pembaca kartu kredit, pemantauan ketersediaan barang, laporan penjualan detail, terintegrasi dengan berbagai software, sistem berbasis cloud, manajemen staf serta konsumen, layar sentuh, hingga penggunaan password.

4. Fungsi dan Kegunaan

Perbedaan mesin pos dan cash register yang terakhir dapat dilihat dari fungsinya. Cash register memiliki fungsi yang terbatas untuk menyimpan uang tunai serta mendata penjualan.

Sementara mesin POS memiliki lebih banyak fungsi selain mendata penjualan, seperti mencetak struk dan memantau stok dengan cepat, menghitung otomatis, serta memudahkan modifikasi harga serta produk.

Keunggulan Mesin POS Dibandingkan Cash Register

Selain perbedaan, keunggulan mesin POS dibandingkan cash register juga beragam, yaitu:

  • Mampu memanajemen seluruh aspek perusahaan.
  • Pelaporan lebih mudah dan lengkap.
  • Penggunaan akurat dan efisien.
  • Variasi metode pembayaran.
  • Memiliki program kartu hadiah.

Demikian penjelasan mengenai perbedaan mesin POS dan cash register yang perlu dipahami oleh para pebisnis.

Salah satu keunggulan mesin POS dibandingkan cash register adalah kecanggihan teknologinya, sehingga fitur-fitur yang ada pada Point Of Sales juga lebih lengkap.

Untuk menikmati fitur mesin POS, Anda bisa memanfaatkan solusi untuk manajemen bisnis franchise dan restoran yang disediakan Runchise.

Runchise menyediakan sejumlah fitur Point Of Sales, seperti menu management & promo, multi station ordering, table management, dan supply chain management.

Sekarang, Anda tidak perlu khawatir lagi dengan pengelolaan penjualan, yuk, segera jadwalkan demo dan pelajari layanan kami lebih lanjut!

Baca juga: Sistem POS terbaik untuk Pemilik Bisnis F&B

Artikel lainnya