F&B Business

Rencana Anggaran Biaya Restoran, Apa yang Perlu Diperhatikan?

September 25, 2023
3 mins read

Penyusunan rencana anggaran biaya restoran adalah salah satu hal yang tidak bisa Anda lewatkan saat akan membuka bisnis kuliner.

Bisnis restoran memang sangat menjanjikan, mengingat bahwa makanan dan minuman merupakan kebutuhan primer setiap orang.

Namun, jangan asal. Dalam memulai bisnis makanan, modal dan perencanaan anggaran adalah hal penting untuk memaksimalkan keuntungan bisnis Anda.

Agar lebih memahaminya, yuk simak informasi mengenai apa saja yang perlu dipertimbangkan dalam rencana anggaran biaya restoran di bawah ini.

Pengertian Rencana Anggaran Biaya Restoran

Anggaran biaya restoran adalah perencanaan dana berdasarkan ketentuan yang sudah Anda buat agar keuangan bisnis bisa sehat dan berkelanjutan.

Meski anggaran biaya sifatnya perkiraan, namun sebaiknya Anda tetap berhati-hati dalam menyusunnya.

Pasalnya, perkiraan anggaran yang dilakukan secara asal-asalan akan dapat membuat keuangan bisnis Anda di masa depan berantakan, misalnya menjadi kekurangan dana.

Baca Juga: Begini Cara Mengatur Shift Kerja Karyawan Restoran yang Tepat

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Rencana Anggaran Biaya Restoran

Jika ingin membuat rencana anggaran biaya, maka beberapa hal yang penting untuk Anda perhatikan adalah sebagai berikut.

1. Modal Awal

Perkiraan tentang biaya awal yang diperlukan dapat memudahkan Anda untuk mengumpulkan dana yang diperlukan dalam peluncuran restoran baru.

Anda bisa mendapatkan modal awal dari tabungan, investasi, dan lain-lain. Biasanya modal awal akan digunakan untuk pembelian/sewa gedung, renovasi, dan peralatan dapur.

Jika ingin mengurangi biaya gedung dalam rencana anggaran biaya restoran, Anda bisa memilih tempat yang lebih kecil dan melakukan renovasi secukupnya.

2. Pemasaran

Pemasaran atau pengiklanan tentu tak bisa dilewatkan. Penting untuk melakukan promosi apabila Anda ingin restoran ramai pengunjung.

Itulah sebabnya, biaya pemasaran wajib dimasukkan dalam rencana anggaran biaya restoran. Misalnya, mencetak brosur, melakukan paid promote, atau bekerja sama dengan influencer.

Jika ingin melakukan paid promote, Anda perlu menghitung biaya yang diperlukan untuk satu kali paid promot dan merencanakan berapa paid promote yang Anda butuhkan ke depannya.

Begitu pula dengan influencer, sebaiknya cari tahu tentang rate card influencer tersebut agar Anda bisa lebih mudah dalam menyusun rencana anggaran biaya restoran.

3. Manajemen Biaya dan Persediaan

Bahan baku adalah komponen utama dalam restoran. Tanpa adanya bahan baku, maka proses produksi tidak berjalan. Akibatnya, tidak ada produk yang bisa Anda jual.

Nah, dengan memasukkan perkiraan bahan baku yang diperlukan dalam rencana anggaran biaya restoran, maka aktivitas produksi juga bisa semakin lancar.

4. Penggunaan Teknologi

Terakhir, di era modern seperti sekarang, penting bagi setiap pelaku bisnis untuk memanfaatkan teknologi dalam menjalankankan bisnisnya.

Teknologi membuat restoran Anda semakin mudah dijangkau, memaksimalkan pelayanan, hingga memudahkan pengelolaan restoran.

Salah satu yang perlu Anda pertimbangkan adalah penggunaan aplikasi POS restoran. Aplikasi POS umumnya sudah terintegrasi dengan beberapa komponen di restoran, misalnya pesanan bisa langsung masuk ke dapur.

Bahkan, kini beberapa aplikasi POS juga bisa membantu Anda mengelola persediaan dan supply chain management suatu restoran, lho.

Jadi, bisa dikatakan bahwa aplikasi POS sangat membantu dalam meningkatkan efisiensi operasional bisnis, dan menyediakan data yang akurat untuk analisis bisnis.

Apabila ingin beralih ke sistem POS, Anda bisa menggunakan aplikasi dengan sistem Point of Sales dari Runchise

Runchise telah memiliki fitur Integrated POS yang telah dilengkapi dengan berbagai fitur pendukung lainnya, mulai dari menu management & promo, multi station ordering, table management, hingga supply chain management.

Ingin tahu lebih jauh tentang runchise? Yuk, jadwalkan demo secara gratis dengan tim Runchise sekarang juga!

Baca Juga: 5 Strategi Pemasaran Cafe yang Efektif dan Bikin Laris Manis

Artikel lainnya