Marketing

7 Strategi Pemasaran Produk yang Efektif Tingkatkan Penjualan

December 19, 2023
3 min read

Strategi pemasaran produk adalah suatu upaya bagi setiap bisnis untuk mempromosikan produk/layanan mereka dengan tujuan meningkatkan penjualan.

Tidak hanya meningkatkan penjualan, tetapi strategi pemasaran juga bermanfaat untuk meningkatkan kerja sama tim dan kemampuan beradaptasi pada perubahan proses pemasaran.

Seperti yang kita tahu, dunia marketing selalu berubah-ubah, seiring dengan perubahan perilaku masyarakat dan tren. Itulah pentingnya bagi tim marketing untuk selalu beradaptasi.

Lantas, bagaimana cara membangun sebuah strategi pemasaran produk yang baik? Yuk, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.       

Strategi Pemasaran Produk yang Baik

Berikut ini adalah beberapa contoh strategi pemasaran produk yang dapat Anda implementasikan dalam bisnis.

1. Mengenal Target Pasar

Salah satu strategi pemasaran produk yang paling penting adalah mengenal siapa target pasar Anda. Ya, hal ini termasuk kebutuhan, preferensi, dan perilaku mereka.

Mengenal lebih dalam tentang target pasar Anda dapat membantu bisnis Anda mengambil keputusan terbaik mengenai strategi pemasaran yang paling tepat.

Dengan mengenali mereka dan berusaha memenuhi kebutuhannya, maka produk yang Anda tawarkan akan dicari oleh konsumen.

2. Menjalin Hubungan Baik dengan Customer

Pada semua strategi pemasaran produk makanan, baju, sepatu, dan sebagainya, menjalin hubungan baik dengan customer adalah hal yang penting dilakukan.

Pasalnya, pelayanan yang buruk akan membuat customer malas dan beralih ke produk lain, sekalipun produk Anda memiliki keunggulan.

Sebaliknya, pelayanan dan hubungan yang baik dengan customer akan membuat mereka merasa dihargai dan senang, misalnya dengan memberikan reward kepada customer yang sudah membeli produk Anda berulang kali.

Baca Juga: 5 Strategi Menghadapi Persaingan Bisnis Kuliner di Indonesia

3. Menggunakan Media Sosial

Media sosial merupakan platform yang paling ampuh dalam strategi pemasaran produk online. Mengingat bahwa hampir semua masyarakat menggunakan media sosial.

Dengan media sosial, Anda akan lebih mudah menjangkau target pasar dari mana saja. Lakukan promosi dengan konten menarik di Instagram, Facebook, atau TikTok.

4. Mengaktifkan Email Marketing

Meski media sosial menjadi platform yang ampuh, namun menggunakan email marketing juga tak kalah efektif, lho!

Pengguna email tak kalah banyak dari media sosial, bahkan setiap pengguna media sosial pasti memiliki email. Nah, Anda bisa memanfaatkan hal ini dengan mengirimkan promosi produk ke email pengguna yang sudah ditargetkan.

Dengan begitu, mereka akan mengetahui info terbaru mengenai promosi yang bisnis Anda berikan. Jangan lupa untuk memberikan kata-kata yang menarik, ya.

5. Membuat Iklan Menarik

Apapun platform yang Anda gunakan, sebenarnya tidak akan optimal jika tidak disertai konten yang menarik. Maka dari itu, buatlah konten yang informatif, mengedukasi, bermanfaat, dan tentunya relevan dengan target pasar Anda.

Baca Juga: Mengenal Manfaat Aplikasi Pos untuk Kemudahan Bisnis

6. Gunakan Testimoni Pelanggan

Guna meningkatkan kepercayaan customer terhadap produk Anda, manfaatkan testimoni positif dari pelanggan terhadap produk/layanan yang Anda tawarkan. Anda dapat membagikan testimonial tersebut di berbagai situs media sosial

7. Membuka Sistem Pemesanan Online

Jika Anda bergelut di bisnis kuliner, maka salah satu strategi promosi produk makanan yang efektif untuk dicoba adalah menggunakan sistem pemesanan online.

Hal ini akan mempermudah customer dalam membeli produk yang Anda jual. Dengan begitu, angka penjualan juga akan meningkat.

Jika ingin menerapkan sistem pemesanan online, khususnya di bidang bisnis kuliner, Anda dapat memanfaatkan fitur Digital Order dari Runchise!

Runchise memiliki keunggulan berupa fitur Branded Online Ordering yang memungkinkan Anda membuat platform pemesanan online delivery dengan brand Anda secara langsung.

Selain itu, Fitur Branded Online Ordering dari Runchise dapat membantu menghemat biaya komisi untuk marketplace, mengumpulkan dan mengelola data customer, serta menganalisa perilaku customer.

Dengan begitu, Anda bisa memberikan pelayanan lebih baik kepada customer dengan menyediakan pemesanan offline maupun online. Yuk, kembangkan bisnis Anda bersama Runchise!

Baca Juga: Manfaat Branded Digital Ordering untuk Bisnis Kuliner

Artikel lainnya