F&B Business

Cara Membuat Promosi di GoFood, Efektif Tingkatkan Penjualan

October 25, 2023
3 mins read

Setelah Anda mendaftarkan restoran ke GoFood, maka Anda perlu mengetahui bagaimana cara membuat promosi di GoFood.

Yup, memanfaatkan fitur promo di GoFood dapat membantu restoran Anda menarik lebih banyak pelanggan dan meningkatkan penjualan.

Kini, sudah banyak restoran yang turut bergabung menjadi mitra GoFood. Jadi, Anda pun harus bisa bersaing dengan kompetitor di platform tersebut, salah satunya menggunakan diskon.

Pasalnya, GoFood sendiri banyak dipilih konsumen karena ada banyak promo menarik yang disediakan. Yuk, ketahui cara membuat promosi di GoFood dalam artikel di bawah ini.

Cara Membuat Promosi di GoFood

GoFood menawarkan berbagai variasi promo yang dapat membantu para pemilik restoran untuk menarik lebih banyak pelanggan baru.

Selain menggunakan promo yang sudah ditawarkan oleh GoFood, Anda juga bisa membuat diskon secara mandiri sesuai dengan preferensi Anda.

Namun perlu diingat, mengikuti program promo di GoFood berarti Anda harus siap memberikan diskon minimal 10% untuk setiap menu yang dipromosikan.

Pertama-tama, Anda perlu mengakses aplikasi GoBiz. Setelah itu, terapkan langkah-langkah cara membuat promosi di GoFood berikut ini:

  1. Buka halaman promo pada aplikasi GoBiz, kemudian klik pilihan Saya ingin buat diskon mandiri atau Diskon.
  2. Kemudian, pilih Diskon Menu.
  3. Tentukan menu yang akan diberi diskon, Anda dapat memilih satu atau beberapa menu sekaligus, lalu klik Lanjut.
  4. Tentukan persentase diskon (minimal 10%). Jika hanya memilih satu menu, Anda dapat membuat diskon dalam bentuk harga setelah diskon atau persentase.
  5. Tentukan periode diskon dan pilih hari aktif berlangsungnya promo/diskon.
  6. Anda pun bisa membuat batasan jam diskon melalui tombol Batasi jam diskon.
  7. Terakhir, cek kembali rincian promo lalu klik Simpan & buat promo.

Baca Juga: 7 Contoh Action Plan Restoran untuk Tingkatkan Penjualan

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Membuat Promo GoFood

Beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan dalam cara promosi makanan di GoFood adalah sebagai berikut:

  • Sebaiknya, Anda memilih diskon sesuai dengan rekomendasi untuk memberikan promo yang berkualitas pada pelanggan.
  • Khusus perhitungan promo di GoFood dalam bentuk persentase, harga menu setelah diskon akan dibulatkan ke atas. Contohnya begini, jika harga awal menu sate adalah Rp18.500 dan Anda memperlakukan diskon 10%, maka harga yang seharusnya Rp16.650 akan dibulatkan menjadi Rp17.000.
  • Jika dalam 30 hari terakhir Anda pernah mengganti harga menu, kemudian harga setelah diskon lebih tinggi dari harga sebelumnya, maka akan muncul pop up ‘wah, promo gagal dibuat’. Anda perlu mengatur harga setelah diskon tidak lebih tinggi dari harga sebelumnya.
  • Periode promo minimal satu hari. Promo akan dimulai pada jam 00.00 di tanggal yang sudah Anda tentukan. Jika Anda mengatur promo untuk hari ini, maka promo akan langsung aktif.
  • Anda dapat membatalkan diskon kapan saja, baik dalam status promo aktif maupun tidak.

Nah, itu dia penjelasan mengenai cara membuat promosi di GoFood yang penting untuk Anda ketahui sebagai pemilik restoran.

Namun, tahukah Anda bahwa kini Anda dapat mengatur menu di GoFood tanpa harus memiliki aplikasi terpisah? Yup, Runchise adalah solusinya.

Runchise telah dilengkapi dengan fitur Integrasi Aplikasi Pesan Antar yang memungkinkan Anda mengelola pesanan online dari GoFood dan GrabFood.

Anda hanya perlu daftar ke akun Runchise, kemudian hubungkan dengan GoFood, lalu kelola menu, harga, dan pesanan di GoFood dari Runchise.

Anda pun bisa menghitung pendapatan seharusnya yang diperoleh dari online onder, lho. Cukup praktis, bukan?

Segera jadwalkan demo dengan tim kami dan kembangkan bisnis Anda bersama Runchise!

Baca Juga: 7 Cara Jualan di GoFood agar Pendapatan Resto Meningkat

Artikel lainnya