F&B Business

Faktor Keberhasilan dan Kegagalan Wirausaha di Bidang Kuliner

October 26, 2023
3 mins read

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis restoran, penting untuk mengetahui apa saja faktor penyebab keberhasilan dan kegagalan dalam berwirausaha di bidang kuliner.

Mengingat persaingan bisnis kuliner yang semakin hari semakin sengit, maka Anda perlu menyusun strategi untuk menghindari kegagalan dalam menjalankan bisnis yang satu ini.

Guna menentukan strategi yang tepat, setidaknya ketahui beberapa faktor penyebab keberhasilan dan kegagalan dalam berwirausaha di bidang kuliner berikut ini.

Faktor Penyebab Keberhasilan dan Kegagalan dalam Berwirausaha di Bidang Kuliner

Jika Anda bertanya-tanya, mengapa suatu restoran bisa ramai pengunjung sementara restoran lainnya sepi, sebenarnya ada beberapa faktor yang dapat menjelaskannya.

Ya, terdapat sejumlah faktor penyebab keberhasilan dan kegagalan dalam berwirausaha. Pada bidang kuliner, hal ini mencakup kualitas produk, harga, hingga layanan. Berikut masing-masing penjelasannya.

1. Kualitas Produk

Dalam suatu bisnis makanan, tentu saja kualitas produk baik itu makanan/minuman menjadi pertimbangan utama bagi para konsumen.

Salah satu faktor keberhasilan wirausaha di bidang kuliner adalah mempunyai resep atau racikan yang pas sebelum Anda benar-benar membuka restoran.

Biasanya, kegagalan wirausaha pada bisnis kuliner dapat terjadi jika pebisnis belum memiliki resep atau racikan yang pas, namun sudah berani membuka restoran sendiri.

So, untuk menghindari hal tersebut, cobalah memberikan sampel makanan/minuman kepada keluarga dan teman, kemudian minta mereka untuk memberikan penilaian sebagai bahan evaluasi.

2. Faktor Tempat

Faktor keberhasilan wirausaha dalam bidang kuliner berikutnya adalah tempat, mulai dari pemilihan lokasi serta kebersihan tempat.

Ya, guna meningkatkan keberhasilan bisnis Anda, usahakan memilih lokasi yang mudah dijangkau oleh target pasar serta menjaga kebersihan restoran.

Anda pun dapat menerapkan dekorasi yang unik dan instagramable untuk menarik perhatian lebih banyak konsumen.

Pasalnya, lokasi yang sulit dijangkau dan kebersihan tempat yang tidak terjaga dapat menjadi faktor kegagalan bisnis. Hal ini menyebabkan konsumen enggan kembali ke restoran Anda.

Baca Juga: Cara Mengelola bisnis Restoran agar Ramai Pengunjung

3. Harga Produk

Faktor penyebab keberhasilan dan kegagalan berwirausaha dalam bidang kuliner berikutnya adalah harga produk.

Apabila Anda menawarkan harga jauh lebih mahal dari kompetitor dengan kualitas yang sama, maka risiko kegagalan bisnis Anda meningkat.

Jadi, untuk mendorong keberhasilan bisnis, usahakan Anda sudah melakukan riset dengan baik guna menentukan harga yang tepat sesuai dengan target pasar, kualitas, dan kompetitor.

4. Strategi Promosi

Promosi merupakan faktor penting dalam keberhasilan suatu bisnis. Ya, dengan adanya promosi, maka restoran Anda akan banyak dikenal.

Untuk menunjang keberhasilan bisnis, Anda dapat menerapkan strategi pemasaran restoran yang baik, salah satunya memanfaatkan media sosial.

Sementara itu, kegagalan bisnis bisa saja terjadi apabila restoran Anda kurang promosi. Tanpa adanya promosi, maka Anda akan kesulitan menjaring lebih banyak pembeli. Akibatnya, penjualan tidak bisa meningkat.

5. Layanan

Tidak hanya kualitas makanan, namun pelayanan yang Anda berikan kepada pelanggan juga bisa menjadi faktor keberhasilan maupun kegagalan bisnis, lho.

Memberikan pelayanan yang tidak memuaskan, seperti mengantarkan pesanan dalam waktu lama, pelayan yang kurang ramah, dan lain-lain dapat membuat konsumen enggan kembali ke restoran Anda.

Kita tentu tahu, setiap pelanggan pasti menginginkan pelayanan yang baik dan memuaskan, inilah yang nantinya dapat menunjang keberhasilan bisnis kuliner Anda.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, salah satunya  dengan menyediakan menu digital atau QR menu di masing-masing meja untuk mempercepat proses pemesanan makanan/minuman.

Bagaimana caranya? Praktis, Anda dapat memanfaatkan sistem operasional Runchise yang sudah dilengkapi dengan fitur QR Dine In.

Fitur QR Dine In memungkinkan pelanggan untuk memesan makanan secara langsung dari meja dengan memindai barcode, kemudian pesanan tersebut akan diterima oleh dapur. Dengan begitu, dapur bisa langsung memproses pesanannya.

Fitur ini juga memberikan beberapa kelebihan, seperti pilihan pembayaran open bill dan closed bill, meminimalkan kesalahan order, dan bisa membantu melayani lebih banyak pelanggan.

Yuk, cari tahu lebih lanjut tentang fiturnya dengan membuat jadwal demo secara gratis dengan tim kami!

Baca Juga: 7 Contoh Action Plan Restoran untuk Tingkatkan Penjualan

Artikel lainnya