F&B Business

4 Keuntungan Menggunakan QR Menu untuk Bisnis Restoran

October 19, 2023
3 mins read

QR menu adalah teknologi terbaru yang banyak dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis kuliner untuk meningkatkan pelayanan mereka.

Selain berorientasi pada pelanggan, QR menu juga dapat memudahkan Anda sebagai pelaku bisnis dalam mengelola menu restoran.

Dengan adanya QR menu, Anda tidak perlu mencetak buku menu secara fisik, sehingga akan lebih mudah untuk melakukan update saat terdapat perubahan jenis menu ataupun harga.

Tidak hanya itu, masih banyak lagi keuntungan yang bisa restoran Anda dapatkan dengan adanya QR menu. Yuk, simak selengkapnya di sini.

Keuntungan Menggunakan QR Menu di Restoran

Menggunakan QR menu atau menu digital dapat memberikan berbagai keuntungan bagi restoran Anda, lho. Apa saja itu? Simak masing-masing penjelasannya berikut ini.

1. Mempersingkat Waktu Pemesanan

Selain bisa meningkatkan pengalaman pelanggan, penggunaan menu digital juga bisa mempercepat proses pesanan, lho.

Misalnya, dengan menaruh barcode menu ke setiap meja pelanggan, maka mereka bisa mengakses menu dengan cara scan QR menu makanan melalui ponsel dan langsung melakukan pemesanan.

Terlebih lagi, pesanan tersebut bisa langsung masuk ke dapur. Tentunya, hal ini juga dapat meminimalkan kesalahan input pesanan.

Baca Juga: 5 Panduan Manajemen Restoran agar Bisnis Berjalan Lancar

2. Mempermudah Pengelolaan Menu

Pada setiap periode tertentu, Anda mungkin perlu melakukan update terkait menu, misalnya penggantian harga, tambahan menu, menghapus menu, dan lain-lain.

Jika masih menggunakan menu konvensional, maka Anda perlu mencetak ulang setiap menu ketika dibutuhkan pembaruan. Hal ini tentu kurang efektif, bukan?

Jika menggunakan menu digital, Anda bisa mengelola menu secara digital melalui aplikasi, sehingga akan lebih mudah dalam melakukan update kapan saja dan dari mana saja.

3. Meningkatkan Penjualan Menu-Menu Tertentu

Terkadang, kecenderungan pelanggan dalam memesan makanan atau minuman tertentu dipengaruhi oleh posisinya di dalam buku menu.

Hal ini dikaitkan dengan kebiasaan orang dalam membaca menu, sehingga polanya dapat diketahui.

Jadi, jangan heran bila ada menu populer yang semakin populer, dan di sisi lain menu yang penjualannya masih sedikit juga tidak meningkat.

Solusinya, Anda dapat menggunakan menu digital agar bisa mengganti posisi atau urutan menu kapan pun, sehingga penjualan makanan dan minuman di restoran bisa seimbang.

4. Meningkatkan Daya Saing Restoran

Kita semua tahu bahwa persaingan bisnis kuliner cukup ketat saat ini, itulah mengapa restoran Anda sebaiknya memiliki strategi yang baik agar bisa bersaing.

Nah, menggunakan menu digital dapat membuat restoran Anda lebih modern, sehingga memiliki nilai lebih. Pelanggan pun bisa merasakan pengalaman unik di restoran Anda.

Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan feedback yang positif dari para pelanggan.

Demikian penjelasan mengenai beberapa keuntungan menggunakan QR menu untuk restoran Anda. Setelah mengetahui keuntungannya, apakah Anda tertarik mengimplementasikannya di restoran Anda?

Jika iya, lantas bagaimana cara membuat QR menu restoran? Mudah saja, Anda hanya perlu menggunakan fitur QR Dine In yang telah disediakan oleh Sistem Operasional Runchise.

Ingin tahu lebih lanjut tentang fitur QR Dine In dari Runchise? Yuk, jadwalkan demo sekarang juga!

Baca Juga: Pentingnya SOP (Standar Operasional Prosedur) Restoran & Contohnya

Artikel lainnya