Development

Cara Membuat NPWP Usaha Dagang, Ini Dia Panduannya!

August 8, 2023
3 min read

Mendaftarkan NPWP usaha dagang adalah langkah krusial bagi para pemilik usaha dagang yang ingin beroperasi secara legal dan mematuhi peraturan perpajakan yang berlaku.

NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) adalah identitas pajak yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pajak, dan diperlukan untuk melakukan berbagai transaksi bisnis di Indonesia.

Dengan mengikuti prosedur yang tepat, Anda akan mendapatkan NPWP dengan mudah dan dapat berfokus sepenuhnya pada perkembangan bisnis Anda.

Agar tidak bingung lagi, artikel ini akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara membuat NPWP usaha dagang Anda. Yuk, simak!

Apa itu NPWP Usaha Dagang?

Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP adalah nomor yang diberikan kepada wajib pajak sebagai identitas dalam mengurus administrasi perpajakan.

Sementara itu, usaha dagang atau UD adalah jenis usaha perseroan yang kegiatan utamanya adalah memperdagangkan produk atau jasa.

Jadi, NPWP usaha dagang adalah nomor wajib pajak yang dikhususkan untuk pendirian suatu usaha. NPWP usaha dagang membantu para pelaku bisnis bisa melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya.

Baca Juga: Bagaimana Cara Memulai Bisnis Waralaba? Simak di Sini!

Cara Membuat NPWP Usaha Dagang Online

Bagi Anda yang belum memiliki, yuk simak cara mengurus NPWP usaha dagang secara online tanpa ke kantor pajak berikut ini.

  • Membuat akun di e-Registration DJP melalui laman ereg.pajak.go.id/daftar.
  • Setelah berhasil melakukan pendaftaran, aktivasi akun e-reg melalui link yang dikirimkan lewat email.
  • Kemudian, Anda akan diarahkan untuk mengiris formulir pendaftaran. Isikan data-data yang diperlukan sesuai kolom. Setelah mengisi formulir, cek kembali lalu klik daftar.
  • Anda akan mendapatkan konfirmasi bahwa akun berhasil didaftarkan.
  • Setelah mendapatkan akun, selanjutnya Anda harus login ke ereg.pajak.id/login dengan memasukkan alamat email dan password sesuai pendaftaran.
  • Kemudian, isis formulir pendaftaran NPWP badan usaha sesuai dengan keterangan dan ketentuan yang berlaku.
  • Setelah terisi dengan benar, cetak formulir.
  • Kemudian, kirimkan formulir registrasi wajib pajak dalam bentuk scan melalui aplikasi e-Registration di laman https://ereg.pajak.go.id.
  • Terakhir, cek status apakah pengajuan sudah diterima atau belum.

Setelah pengajuan Anda diterima, biasanya Anda akan mendapatkan kartu NPWP yang dikirim melalui layanan pos kurang lebih dalam waktu tiga hari kerja.

Baca Juga: 5 Strategi Menghadapi Persaingan Bisnis Kuliner di Indonesia

Itulah penjelasan mengenai apa itu NPWP usaha dagang dan bagaimana cara membuatnya secara online.

Meski awalnya terlihat rumit, namun persiapan ini penting untuk dilakukan agar usaha yang Anda bangun bisa berdiri secara resmi sesuai peraturan perpajakan.

Memiliki NPWP juga akan meningkatkan kredibilitas usaha Anda di mata konsumen. Tentunya akan berpengaruh juga terhadap penjualan, bukan?

Namun, selain mempersiapkan dokumen-dokumen penting seperti halnya perpajakan, lancarnya proses operasional usaha juga berpengaruh terhadap perkembangan bisnis, lho!

Bagi Anda yang sedang menjalankan bisnis kuliner, Anda bisa menggunakan solusi lengkap manajemen franchise dan restoran dari Runchise!

Runchise bukan sekadar aplikasi POS biasa, kami dapat membantu Anda mengembangkan usaha franchise secara konsisten dengan menjaga efisiensi dan transparansi operasional.

Selain itu, Runchise juga telah dilengkapi dengan sistem operasional dan back office yang terintegrasi, mulai dari multi-station, manajemen meja dan lokasi, supply chain, hingga laporan analisis performa perusahaan.

Tidak hanya sampai di situ, Runchise juga telah dilengkapi dengan fitur Food Delivery Integration, lho. Jadi, Anda bisa mengelola dan menerima pesanan dari GoFood dan GrabFood sekaligus dari satu aplikasi saja!

Ingin tahu lebih lanjut? Yuk, segera jadwalkan demo secara gratis dengan tim kami!

Baca Juga: 5 Tips Maksimalkan Keuntungan Bisnis F&B, Yuk Catat!

Artikel lainnya