F&B Business

Pentingnya SOP (Standar Operasional Prosedur) Restoran & Contohnya

September 26, 2023
3 mins read

Apakah Anda pernah melihat atau mengunjungi restoran dengan layanan yang tidak memuaskan? Hal ini bisa saja terjadi karena lemahnya SOP restoran di dalamnya.

Padahal, dalam bisnis apa pun termasuk restoran, SOP atau standar operasional prosedur merupakan hal penting yang perlu diimplementasikan.

Dengan adanya SOP yang jelas, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk memenangkan persaingan bisnis kuliner dan mengenai sumber daya di restoran.

So, jika Anda ingin belajar lebih lanjut tentang apa yang dimaksud dengan SOP restoran dan manfaat bagi bisnis restoran, mari simak ulasan di bawah ini.

Apa itu SOP Restoran?

Standar operasional prosedur atau SOP restoran adalah panduan dalam mengelola bisnis. SOP biasanya tertulis dalam bentuk dokumen.

SOP merupakan tanggung jawab semua pihak yang terlibat dalam bisnis, mulai dari pemilik, bisnis, maupun pelanggan.

Dengan adanya SOP yang baik, maka karyawan bisa memberikan pelayanan maksimal sesuai dengan aturan yang sudah tertulis. Dengan begitu, pelanggan juga akan puas.

Baca Juga: 5 Strategi Pemasaran Cafe yang Efektif dan Bikin Laris Manis

Manfaat SOP Restoran

SOP restoran merupakan dokumen panduan, peraturan, serta acuan yang umumnya dibuat oleh pemilik bisnis guna membantu kelancaran operasional restoran.

Adapun beberapa manfaat SOP untuk bisnis restoran adalah sebagai berikut:

1. Penilaian Kinerja Karyawan

Pemilik bisnis perlu mengetahui bagaimana cara membuat SOP yang tepat agar bisa menilai kinerja karyawan.

Dengan adanya SOP atau standar operasional prosedur, Anda bisa menilai apakah kinerja karyawan tersebut sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan atau belum.

Sebaliknya, tanpa adanya SOP, Anda sebagai pemilik restoran akan lebih sulit dalam melakukan evaluasi mengenai apa saja yang perlu ditingkatkan dalam proses bisnis kedepannya.

2. Pedoman Pelaksanaan dan Pemantauan

Sebagai pemilik restoran, sering kali Anda tidak terlibat langsung dalam proses operasional atau aktivitas bisnis.

Meski begitu, adanya SOP dapat membantu Anda memastikan bahwa karyawan bekerja sesui dengan aturan yang sudah Anda tetapkan.

3. Menciptakan Standarisasi Pekerjaan

Poin yang satu ini merupakan manfaat utama dari SOP restoran. Namun, sebenarnya mengapa setiap restoran memerlukan standarisasi pekerjaan?

Nah, hal ini berguna untuk meminimalkan kesalahan yang berpotensi berdampak buruk terhadap kepuasan pelanggan. SOP yang baik juga bisa membantu karyawan dalam memberikan layanan yang maksimal.

Baca Juga: Bantu Restoran Makin Berkembang? Ini Dia Pentingnya Aplikasi kasir! 

Contoh SOP Restoran

Ada berbagai macam SOP restoran. Nah, salah satu contoh SOP yang selalu diterapkan dalam restoran adalah pemesanan makanan. Misal begini:

  • Staf pelayan harus menyambut tamu dengan ramah dan segera menyediakan menu makanan dan minuman.
  • Staf pelayan harus siap memberikan rekomendasi dan menjawab pertanyaan tentang menu.
  • Pelayan harus mencatat pesanan dengan cermat dan memastikan bahwa pesanan khusus atau alergi makanan telah dicatat.
  • Pesanan harus disampaikan dengan benar ke dapur atau bar sesuai dengan jenis makanan atau minuman yang dipesan.

Namun, terkadang proses tersebut akan kurang efektif apabila kondisi restoran Anda sedang ramai pengunjung. Padahal, setiap pengunjung pasti mengharapkan pelayanan yang cepat. Lantas, bagaimana?

Jangan khawatir, Runchise punya solusinya! Dengan menggunakan fitur QR Dine In yang terintegrasi dalam aplikasi POS Runchise, maka pelanggan dapat melakukan pemesanan melalui mejanya masing-masing.

Melalui fitur ini, Anda pun dapat memberikan pilihan pembayaran secara open bill (melalui aplikasi Runchise) atau closed bil (pembayaran di kasir) pada pelanggan.

Fitur QR Dine In di Runchise juga dapat membantu menghindari kesalahan pencatatan pesanan, melayani seluruh pelanggan saat rush hour, meningkatkan efisiensi karyawan, dan yang terpenting pelayanan menjadi lebih cepat.

Jika tertarik mempelajari lebih lanjut mengenai fitur kami, yuk segera jadwalkan demo dengan tim Runchise, secara gratis!

Baca Juga: Cara membuat QR Code Menu Makanan untuk Bisnis F&B

Artikel lainnya