F&B Business

Pentingnya Surat Jalan Barang dalam Pengiriman Bahan Baku Restoran

September 20, 2023
3 mins read

Surat jalan barang adalah dokumen yang berisikan tentang informasi terperinci mengenai proses pengiriman barang.

Dalam bisnis restoran, surat jalan barang penting untuk mengelola persediaan bahan baku makanan, mengontrol kualitas, hingga mengatur manajemen biaya.

Di samping itu, adanya surat jalan pengiriman barang juga memudahkan pelaku bisnis restoran untuk melakukan verifikasi bahwa barang sudah diterima.

Memiliki surat jalan barang untuk memastikan bahwa proses persediaan bahan baku berjalan dengan baik, terutama bagi restoran yang sudah memiliki banyak cabang.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai pentingnya surat jalan barang dalam mengelola bisnis restoran? Yuk, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Apa itu Surat Jalan Barang?

Surat jalan barang adalah dokumen yang berisikan informasi tentang barang yang dikirim sekaligus sebagai tanda terima atau nota pengiriman.

Dalam bisnis restoran, surat jalan pengiriman barang biasanya akan diterima ketika Anda menerima pengiriman pesanan bahan baku.

Restoran pusat yang telah memiliki banyak cabang biasanya melakukan pemesanan bahan baku dalam jumlah besar.

Nah, dengan adanya surat jalan barang tersebut, Anda akan lebih mudah dalam memantau pesanan yang sudah masuk beserta dengan kuantitasnya.

Secara umum, format yang ada dalam surat jalan pengiriman barang adalah sebagai berikut:

  • Kop surat berisi informasi perusahaan logistik.
  • Lokasi pengiriman.
  • Jenis dan jumlah barang.
  • Keterangan barang.
  • Tanda tangan pihak penerima.
  • Tanda tangan pihak pengirim.
  • Tanda tangan petugas gudang.

Baca Juga: Tips Mengelola Usaha dengan Banyak Cabang, Yuk Simak!

Fungsi Surat Jalan Barang dalam Bisnis Restoran

Dalam konteks bisnis restoran, beberapa fungsi surat jalan adalah sebagai berikut:

  • Untuk mencatat penerimaan barang yang dikirimkan oleh pemasok, hal ini meliputi jenis bahan baku/barang, jumlah, serta kondisinya.
  • Sebagai bukti tertulis bahwa restoran sudah menerima barang, hal ini berguna untuk menghindari kesalahan dalam pengiriman.
  • Membantu restoran dalam melakukan manajemen persediaan. Informasi yang tertera dalam surat jalan pengiriman barang bisa dimasukkan dalam sistem persediaan untuk memastikan bahwa stok masih aman.
  • Melalui informasi pada surat jalan barang, restoran dapat melakukan kontrol kualitas terhadap barang yang diterima.
  • Untuk memantau pengiriman, memastikan bahwa pemasok mengirimkan pesanan tepat waktu.
  • Dapat digunakan untuk mencatat riwayat persediaan. Hal ini bisa membantu Anda mengidentifikasi penggunaan bahan baku dan sebagai acuan untuk untuk melakukan perencanaan pesanan berikutnya.
  • Menjadi bagian dari pencatatan dan pelaporan bisnis restoran, sehingga bisa membantu memberikan informasi lebih akurat terkait dengan biaya operasional dan pengeluaran untuk bahan makanan.

Berbicara mengenai proses persediaan bahan baku restoran, kini Anda tidak perlu lagi melakukan pengolahan secara manual, lho.

Ya, dengan menggunakan aplikasi POS Runchise yang telah dilengkapi dengan fitur Supply Chain Management, Anda dapat melakukan manajemen pengadaan barang secara lebih mudah.

Anda bisa mengatur pengadaan barang di seluruh outlet yang dilakukan secara terpusat melalui satu platform online, mulai dari pemesanan bahan baku, pengiriman, hingga barang diterima.

Melalui manajemen secara terpusat, Anda dapat melakukan monitor bahan baku di berbagai cabang secara real-time serta memudahkan hasil penjualan dengan penggunaan bahan baku.

Anda pun tak perlu khawatir kehabisan bahan baku karena di Runchise dapat mengatur level PAR (stok minimum). Dengan begitu, pelanggan tidak akan kehabisan menu favoritnya.

Tertarik menggunakan Runchise? Yuk, jadwalkan demo secara gratis dengan tim kami!

Baca Juga: 4 Tips Mengelola Stok Barang dan Bahan Baku di Bisnis F&B

Artikel lainnya