F&B Business

7 Cara Mempromosikan Makanan Lewat Online agar Cepat Laku

October 18, 2023
3 mins read

Saat ini, ide bisnis kuliner sudah banyak berkembang, begitupun dengan strategi pemasaran produk makanan. Di era digital seperti sekarang, penting bagi setiap pelaku bisnis memahami cara mempromosikan makanan lewat online.

Online marketing dapat membantu Anda lebih mudah mengenalkan restoran atau brand Anda kepada orang di segala penjuru.

Kini sudah ada berbagai media sosial, mulai dari TikTok, Instagram, bahkan YouTube sebagai media untuk mempromosikan bisnis makanan Anda secara online.

Oleh karenanya, yuk simak ulasan tentang cara mempromosikan makanan lewat online dalam artikel di bawah ini.

Cara Mempromosikan Makanan Lewat Online

Mempromosikan produk makanan secara online adalah cara jitu untuk menarik lebih banyak pelanggan. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda terapkan.

1. Foto Produk Makanan

Hal utama dalam cara mempromosikan makanan lewat online adalah memastikan bahwa gambar atau foto yang Anda unggah mampu menggugah selera konsumen.

Jika ingin lebih maksimal, Anda bisa menggunakan jasa foto produk berpengalaman untuk menciptakan foto produk yang berkualitas.

2. Manfaatkan Media Sosial

Media sosial adalah platform yang akan Anda gunakan untuk mempromosikan makanan secara online. Namun, melakukan promosi di media sosial pun tidak bisa sembarangan.

Cara mempromosikan produk makanan di sosial media perlu dilakukan dengan menentukan target pasar, buat caption yang menarik, dan manfaatkan fitur Ads.

Baca Juga: 5 Strategi Pemasaran Cafe yang Efektif dan Bikin Laris Manis

3. Jangan Lupa Riset Pasar

Dalam setiap langkah yang akan Anda ambil untuk bisnis, sebaiknya lakukan riset pasar terlebih dahulu.

Upaya ini akan membantu Anda dalam menentukan audiens yang dituju, sehingga bisa membuat konten marketing yang sesuai.

Dengan begitu, produk makanan Anda akan tepat sasaran!

4. Gunakan Strategi Promosi yang Unik

Jika ingin meningkatkan brand awareness bisnis restoran Anda, cobalah menerapkan beberapa strategi promosi yang unik.

Dengan membuat strategi promosi yang unik, besar kemungkinan untuk menarik rasa perhatian konsumen. Hasilnya, akan ada banyak orang mengunjungi restoran Anda.

Anda juga bisa menarik lebih banyak konsumen dengan mengadakan giveaway. Misalnya dengan memberikan voucher diskon restoran untuk pelanggan yang memberikan review terbaik.

5. Menggandeng Influencer

Selain menggunakan strategi promosi yang unik, Anda juga dapat mengenalkan restoran Anda kepada masyarakat dengan menggandeng influencer.

Namun, pastikan Anda memilih influencer yang sesuai dengan jenis bisnis dan target pasar Anda. Dalam bisnis kuliner, Anda perlu mencari influencer yang handal dalam hal review makanan (food vlogger).

Baca Juga: Mengenal Manfaat Aplikasi Pos untuk Kemudahan Bisnis

6. Manfaatkan Review dari Pelanggan

Bagi restoran baru, review dari pelanggan adalah hal yang penting untuk meningkatkan keyakinan orang lain.

Anda bisa mengunggah review positif dari pelanggan ke media sosial. Upaya ini biasanya dapat membantu meyakinkan calon pelanggan baru untuk mengunjungi restoran Anda.

7. Bergabung dengan Aplikasi Pesan Antar

Selain dari media sosial, cara mempromosikan makanan lewat online juga bisa dilakukan melalui aplikasi pesan antar.

Kini, berjualan di GrabFood dan GoFood banyak dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis kuliner untuk meningkatkan penjualannya.

Kedua platform tersebut biasanya menyediakan berbagai promo yang bisa Anda ikuti untuk menarik lebih banyak pelanggan.

Anda pun bisa mendapatkan review secara langsung dari pelanggan melalui dua aplikasi tersebut. Hal ini akan sangat mendukung upaya evaluasi restoran.

Agar lebih mudah dalam pengelolaan menu restoran di platform pesan antar online, Anda bisa memanfaatkan fitur Integrasi Aplikasi Pesan Antar dari Runchise.

Runchise telah terhubung secara resmi dengan GoFood dan GrabFood, sehingga Anda bisa mengelola menu, menambah promo, dan menerima pesanan yang masuk melalui satu platform tanpa harus memiliki aplikasi terpisah.

Bagaimana, cukup praktis bukan? Yuk, jadwalkan demo dengan Runchise sekarang untuk tahu lebih banyak terkait fitur yang kami tawarkan.

Baca Juga: Tutorial Cara Mendaftar GoFood serta Biaya & Syaratnya

Artikel lainnya