F&B Business

Arti Dine In dan Cara Memaksimalkannya di Restoran

September 19, 2023
3 mins read

Dine in adalah istilah dalam bisnis kuliner yang mengacu pada kegiatan makan di tempat. Penting bagi setiap restoran untuk memastikan bahwa pelanggan merasa puas dengan layanan dine in yang ditawarkan.

Meski kini pemesanan makanan secara online banyak diminati, namun pengalaman dine in tetap menjadi hal yang perlu dipertimbangkan jika Anda hendak membuka restoran.

Guna memaksimalkan pengalaman dine in pelanggan, maka Anda perlu mengatur dekorasi restoran serta menyediakan fasilitas yang memudahkan pelanggan menyantap hidangannya.

Lantas, bagaimana cara agar pelanggan merasa puas dengan pengalaman dine in di restoran Anda? Yuk, simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Apa itu Dine In?

Dine in adalah suatu konsep di mana pelanggan datang dan menyantap hidangan secara langsung di restoran.

Namun, yang perlu ditekankan lagi, dine in bukan hanya sekadar penyajian makanan tetapi juga pengalaman makan bagi pelanggan.

Terkadang, pelanggan akan kembali lagi ketika mereka mendapatkan pengalaman makan memuaskan di restoran Anda. Misalnya, karena pelayanannya yang baik serta suasana restoran yang nyaman.

Baca Juga: Bantu Restoran Makin Berkembang? Ini Dia Pentingnya Aplikasi kasir! 

Keuntungan Dine In bagi Bisnis F&B

Konsep dine in bisa memberikan keuntungan bagi restoran, di antaranya sebagai berikut.

1. Meningkatkan Penjualan

Restoran yang memberikan konsep dine in biasanya menyajikan menu makanan dan minuman lebih beragam, sehingga bisa mengundang lebih banyak pembeli.

2. Meminimalkan Risiko Kerusakan Makanan

Penyajian makanan secara dine in dapat mengurangi potensi kerusakan karena makanan tidak perlu melalui proses pengiriman.

3. Membangun Brand Image

Menawarkan konsep dine in dapat membantu restoran memiliki kesempatan untuk membangun brand image melalui interior restoran, pelayanan, serta suasana.

4. Penyajian Menu Lebih Maksimal

Terkadang, beberapa menu sulit disajikan dengan cara delivery atau take away, sehingga dengan adanya konsep dine in, Anda bisa menyajikan makanan ataupun minuman secara maksimal.

5. Bisa Mendapatkan Feedback secara Langsung

Dine in adalah konsep makan di restoran. Nah, Anda bisa memanfaatkannya untuk meminta feedback secara langsung dari pelanggan sebagai bahan evaluasi agar bisa membangun bisnis lebih baik kedepannya.

Baca Juga: 5 Strategi Pemasaran Cafe yang Efektif dan Bikin Laris Manis

Maksimalkan Pengalaman Makan dengan Fitur QR Dine In di Runchise!

Ketika restoran sedang ramai, terkadang pelanggan harus antri untuk memesan makanan. Hal ini tentu akan berdampak pada proses bisnis.

Dalam memaksimalkan pengalaman pelanggan saat dine in di restoran Anda, maka memberikan interior yang menarik belum cukup.

Pasalnya, pelanggan pasti menginginkan pelayanan yang cepat tanpa kesalahan, bukan? Sedangkan, mengantri di meja kasir untuk memesan menu makanan justru akan membuat pelanggan mendapatkan pelayanan lebih lama.

Lantas, bagaimana solusinya?

Jangan khawatir, Runchise punya solusinya! Dengan menggunakan fitur QR Dine In yang terdapat dalam aplikasi POS Runchise, maka pelanggan dapat melakukan pemesanan melalui mejanya masing-masing.

Melalui fitur ini, Anda pun dapat memberikan pilihan pembayaran secara open bill (melalui aplikasi Runchise) atau closed bil (pembayaran di kasir) pada pelanggan.

Fitur QR Dine In di Runchise juga dapat membantu menghindari kesalahan pencatatan pesanan, melayani seluruh pelanggan saat rush hour, meningkatkan efisiensi karyawan, dan yang terpenting pelayanan menjadi lebih cepat.

Jika tertarik mempelajari lebih lanjut mengenai fitur kami, yuk segera jadwalkan demo dengan tim Runchise, secara gratis!

Baca Juga: Cara membuat QR Code Menu Makanan untuk Bisnis F&B

Artikel lainnya