F&B Business

QR Ordering, Tips Kelola Restoran dengan Staf Terbatas

October 24, 2023
3 mins read

Jumlah karyawan yang terbatas merupakan salah satu permasalahan yang sering dialami restoran. Pada saat inilah, penerapan QR ordering bisa menjadi solusinya.

Melalui QR ordering, restoran tidak perlu menyiapkan karyawan tambahan untuk menawarkan atau mencatat pesanan pelanggan. Sehingga, Anda bisa lebih fokus memberikan pelayanan berkualitas meski dengan karyawan terbatas.

Yuk, pahami lebih lanjut tentang manfaat QR ordering dalam membantu restoran yang memiliki karyawan terbatas!

Cara Kerja QR Ordering di Restoran

Bayangkan QR ordering adalah toko online untuk restoran Anda. Di sana, Anda dapat menambahkan menu, deskripsi, gambar, dan sebagainya.

Selain itu, restoran versi online tersebut, pelanggan dapat menjelajahi, memesan, dan membayar pesanan mereka melalui perangkat yang terhubung dengan internet.

Singkatnya, begitulah cara kerja QR code ordering. Jadi, Anda tidak perlu menyiapkan karyawan khusus untuk mencatat pesanan pelanggan dan mengirimkannya ke dapur.

Selain itu, QR code ordering yang sudah terintegrasi dengan sistem POS (point of sales) memungkinkan restoran untuk meninjau pesanan pelanggan dalam satu platform.

Baca Juga: Begini Cara Membuat QRIS All Payment untuk Restoran Anda

Bagaimana QR Ordering Membantu Restoran dengan Karyawan Terbatas?

Lantas, bagaimana QR code ordering dapat membantu operasional restoran meski dengan karyawan yang terbatas? Ini dia masing-masing penjelasannya.

1. Pengunjung Dapat Melakukan Order melalui HP

Tanpa perlu memanggil pelayan untuk mencatat pesanannya, pengunjung bisa langsung memesan menu yang dipilih melalui gadget-nya masing-masing.

Sistem pemesanan melalui QR ordering memudahkan restoran untuk melayani pelanggan dengan karyawan yang terbatas.

Sistem ini memberikan fleksibilitas kepada pelanggan untuk memesan apa yang mereka inginkan kapan pun tanpa harus menunggu pelayan.

2. Meningkatkan Efisiensi dan Keamanan

Dengan sistem QR code ordering, pelanggan dapat langsung menyelesaikan proses pemesanan dan pembayaran mereka melalui ponsel. Sehingga, pelayan tidak perlu lagi membawa bill pembayaran ke meja pelanggan.

Melalui sistem pembayaran dari ponsel, restoran dapat mengurangi kegiatan karyawan yang harus bergerak ke sana kemari.

Sistem pemesanan QR juga juga dapat mengurangi sentuhan langsung atau kontak fisik antara staf dan pelanggan, sehingga bisa meningkatkan keamanan.

Baca Juga: 5 Manfaat Penggunaan Online Ordering Untuk Bisnis Restoran

3. Lebih Fokus dalam Meningkatkan Pengalaman Pelanggan

Dengan adanya sistem pemesanan QR code, karyawan restoran tidak perlu khawatir tentang proses pemesanan pelanggan.

Hal ini memungkinkan karyawan untuk fokus pada meningkatkan pelayanan pelanggan. Karena, pesanan diterima langsung oleh dapur sehingga dapat mengurangi kemungkinan kesalahan menu.

Itulah penjelasan mengenai cara kerja QR ordering yang dapat membantu efisiensi restoran Anda meski dengan karyawan yang terbatas.

Jadi, pemesanan melalui QR code juga dapat memastikan bahwa pesanan yang sampai ke dapur sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pelanggan.

Pada akhirnya, karyawan yang tersedia akan memiliki lebih banyak waktu untuk memeriksa keadaan pelanggan, memastikan pesanan keluar tepat waktu, dan memberikan bantuan kapan pun diperlukan.

Nah, jika ingin mengimplementasikan QR ordering untuk restoran Anda, manfaatkan saja sisem operasional dari Runchise.

Runchise telah dilengkapi dengan fitur QR Dine In yang memungkinkan pelanggan untuk melakukan pemesanan sekaligus pembayaran melalui QR menu restaurant.

Fitur ini dapat membantu Anda mengelola seluruh outlet restoran dengan lebih efisien, menghemat biaya gaji karyawan, serta menghindari kesalahan dalam mencatat pesanan.

Anda pun tidak perlu khawatir ada pesanan yang terlewat saat sedang rush hour. Karena melalui QR Dine In, pesanan akan langsung masuk ke dapur.

So, tunggu apa lagi? Yuk, jadwalkan demo sekarang dan kembangkan bisnis F&B Anda bersama Runchise!

Baca juga: Cara Membuat QR Code Menu Makanan untuk Bisnis F&B

Artikel lainnya