F&B Business

7 Standar Dapur Restoran yang Penting untuk Diterapkan

October 19, 2023
3 mins read

Mengapa bisnis kuliner perlu memiliki standar dapur restoran yang baik? Salah satu alasan utamanya tentu saja untuk meningkatkan pelayanan dan kepuasan pelanggan.

Meski dapur terkesan berada di belakang layar, namun tempat inilah yang menjadi pusat produksi bisnis restoran Anda.

Itulah sebabnya, membangun ekosistem dapur dengan standar yang baik tentu akan berpengaruh positif pada manajemen restoran secara keseluruhan.

Lantas, apa saja contoh peraturan dapur restoran yang perlu diterapkan dalam bisnis makanan Anda? Yuk, simak penjelasan selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Standar Dapur Restoran yang Perlu Diterapkan

Agar bisa menghasilkan makanan dan minuman sesuai dengan pesanan pelanggan, dibutuhkan standar dapur restoran yang baik.

Mesti setiap bisnis tentu memiliki standar operasional prosedur dapur restoran berbeda-beda, namun setidaknya Anda perlu menerapkan beberapa standar berikut ini.

1. Menerapkan Sistem Pemesanan yang Baik

Agar proses pesanan, produksi, dan pengantaran makanan ke meja pelanggan berjalan dengan baik, maka diperlukan sistem pemesanan yang efisien.

Dalam hal ini, akan lebih baik jika pebisnis bisa memantau proses pembuatan pesanan melalui sistem secara real-time. Hal ini bisa terlaksana dengan memanfaatkan sistem yang menghubungkan pesanan dan dapur secara langsung.

2. Memiliki Sistem Inventory yang Baik

Agar proses mengelola stok persediaan restoran lebih efisien, maka dibutuhkan sistem inventory yang baik di dapur.

Dengan adanya sistem inventory yang baik, maka Anda dapat meminimalisasi kemungkinan kehabisan stok. Selain itu, kualitas bahan baku juga tetap akan terjaga.

Baca Juga: Pentingnya SOP (Standar Operasional Prosedur) Restoran & Contohnya

3. Memiliki Manajemen Operasional SDM yang Baik

Tidak hanya memperhatikan sistem, tetapi standar dapur restoran yang bagus juga meliputi manajemen operasional sumber daya manusia.

Anda membutuhkan sumber daya manusia yang kompeten di dalam dapur agar bisa menyajikan menu yang berkualitas pada pelanggan.

4. Tata Kelola Ruang dan Peralatan yang Tepat

Dalam membentuk standar dapur restoran yang baik, pastikan Anda memperhatikan tata kelola ruangan dan ketersediaan peralatan di dapur.

Untuk menciptakan dapur yang efisien, Anda perlu membagi area berdasarkan fungsinya, sehingga terdapat keseimbangan antara area pelayanan dan produksi.

Baca Juga: Fungsi Jurnal Penyesuaian Persediaan pada Bisnis Restoran

5. Memiliki Sanitasi yang Baik

Standar dapur restoran yang perlu dipenuhi berikutnya adalah berkaitan dengan sanitasi. Pastikan dapur memiliki sanitasi air yang baik, sehingga proses produksi bisa berjalan lancar.

Jika terjadi gangguan pada saluran air ketika restoran mendapatkan banyak pesanan, maka ini bisa menjadi permasalahan bagi restoran Anda karena aktivitas produksi bisa terhambat. 

6. Keamanan Dapur Terjaga dengan Baik

Selain memiliki sanitasi yang baik, perhatikan juga keamanan di dalam dapur. Keamanan dalam hal ini berkaitan dengan kualitas bahan baku yang disimpan, penggunaan peralatan dapur, dan memastikan dapur bebas dari hama agar kebersihannya terjaga.

7. Membuat Laporan Esensial Dapur secara Akurat

Terakhir, standar dapur restoran yang baik bisa dicapai dengan adanya evaluasi secara berkala antara pemilik bisnis dengan karyawan yang bertanggung jawab.

Dalam hal ini, Anda membutuhkan laporan yang akurat sesuai kondisi dapur. Laporan ini termasuk berapa banyak bahan baku yang tersisa.

Nah, untuk memudahkan Anda dalam membuat laporan persediaan bahan baku di dapur, Anda dapat memanfaatkan sistem operasional Runchise yang sudah dilengkapi dengan fitur Supply Chain Management.

Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengatur manajemen pengadaan barang, mencegah kehabisan bahan baku, dan meningkatkan transparansi serta kelancaran bisnis.

Yuk, pahami lebih jauh tentang fitur Runchise dengan melakukan demo gratis bersama tim kami!

Baca Juga: Mengenal Faktor Produksi Modal dan Kaitannya dengan Restoran

Artikel lainnya